Connect with us

Ratusan Napi Lapas Linggau Lakukan Perekaman e-KTP Untuk Pemilu

Lubuklinggau

Ratusan Napi Lapas Linggau Lakukan Perekaman e-KTP Untuk Pemilu

LUBUKLINGGAU,LK-Sebanyak 908 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Lubuklinggau, mengikuti perekaman data kependudukan untuk mendapatkan e-KTP. Perekaman data dilakukan untuk melindungi hak pilih mereka dalam Pemilu 2019, Kamis (17/1/2019).

Perekaman data kependudukan ini dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dari tiga wilayah Musi Rawas (Mura), Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara (Muratara) atas permintaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing wilayah.

Kalapas Lubuklinggau Imam Purwanto mengatakan sebanyak 908 orang warga binaan lapas kelas IIA Lubuklinggau yang akan dilakukan perekaman e-KTP dan mendapatkan hak pilihnya, untuk menyukseskan pemilu 2019.

Dikatakan Imam, untuk 908 warga binaan lapas kelas IIA Lubuklinggau terdiri dari tiga daerah yaitu dari Kabupaten Mura sebanayak 419 orang warga binaan, Lubuklinggau sebabyak 203 orang, Kabupaten Muratara sebanyak 139 orang dan sisanya dari daerah lain-lain.

“Untuk yang sudah terekam E-KTP untuk kota Lubuklinggau sebanyak 96 orang, yang belum 48 orang dan belum masuk data base Disdukcapil kota Lubuklinggau sebanayak 64 orang, ini yang khusus untuk Kota Lubuklinggau,”Ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Lubuklinggau Topandri mengatakan, Dilakuaknnya perekaman e-KTP agar seluruh warga binaan lapas Kelas IIA Lubuklinggau masuk menjadi DPT untuk memenuhi hak pilihnya.Kalau hak pilihnya belum di cabut oleh pengadilan, haknya dapat tersalurkan.

“Jadi dengan seperti itu, target dari KPU pusat untuk meningkatkan partisipasi pemilih akan tercapai,”Kata ia.

Sebab diungkapkannya, untuk hak pilih warga Negara sudah dilindungi dalam undang-undang, tentu tidak bisa menghalangi, siapapun yang mempunyai hak pilihan dan dihalangi itu bisa di kenakan pidana.

“Yang penting semuanya sudah kita jalankan, sesuai dengan aturan sudah kita jalankan dan kita harapkan siapapun yang sudah terekam e-KTP sudah masuk DPT tambahan dan DPT Khusus di lapas kelas IIA Lubuklinggau,”Ungkapnya.

Dijelaskannya, kenapa menjadi DPT tambahan dan DPT Khusus bagi warga binaan lapas Kelas IIA Lubuklinggau yang sudah masuk dalam DPT dan sudah ada di tempat tinggalnya masing-masing tinggal memintak surat pindah untuk memilih di Lapas Kelas IIA Lubuklinggau dan jangan sampai menjadi pemilih ganda atau tumpang tindih.

“Untuk program Disdukcapil ini sudah sangat bagus dan sistematis, jadi bagi namanya yang belum tercantum akan sudah masuk di DPT khusus,”Ujarnya.

Ditambah Topandri, untuk Pemilihan sendiri nantinya warga binaan yang alamatnya bukan berdomisili atau asalnya bukan dari wilayah Lapas Lubuklinggau yang terletak di Lubuklinggau Barat I, maka warga binaan tersebut tidak memilih untuk legislatif kertas hijau yakni DPRD Kabupaten atau kota.

“Nanti yang bukan berdomisili wilayah Lubuklinggau Barat misalnya mereka dari Musi Rawas, maka yang mereka akan pilih itu untuk DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Pemilihan Presiden untuk DPRD Kabupaten atau Kota mereka tidak memilih,”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2018

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top