Connect with us

Program Rujuk Balik Bantu Peserta JKN-KIS Kelola Diabetes

Lubuklinggau

Program Rujuk Balik Bantu Peserta JKN-KIS Kelola Diabetes

LUBUKLINGGAU,LK-Program Rujuk Balik (PRB) merupakan pelayanan untuk peserta Program JKN-KIS yang menderita sembilan penyakit kronis sudah dinikmati oleh Peserta JKN-KIS.

Sembilan penyakit yang ada dalam PRB yaitu Diabetes Mellitus, Hipertensi, Penyakit Jantung, Asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (Ppok), Schizoprenia, Stroke, dan Systemic Lupus Erythematosus (Sle).

Peserta JKN-KIS yang terdaftar dalam program ini dapat memanfaatkan kemudahan program ini di Faskes Tingkat Pertama (FKTP) seperti di Puskesmas, Klinik dan Dokter Praktek Perorangan atas rekomendasi atau rujukan dari Dokter Spesialis/Sub Spesialis.

Seperti yang diketahui, PRB ini ditujukan untuk menjaga kesehatan Peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis yang tergabung di PRB agar tetap stabil. Dalam PRB ini Peserta JKN-KIS juga mendapatkan beragam manfaat dan kemudahan mengakses pelayanan kesehatan dalam rangka menjaga kestabilan kesehatan dari Peserta PRB.

“Selama pakai Program Rujuk Balik ini gak ada masalah. Pelayanan bagus, obatnya ada terus. Terus dapat fasilitas senam setiap minggu, cek darah rutin juga ada.” ujar Hudaidah (64), salah satu peserta PRB yang tinggal di Kelurahan Watervang Kota Lubuklinggau.

Dirinya sebenarnya ada riwayat keturunan yang menderita diabetes. Jadi sejak 2014 lalu sudah kena diabetes makanya dimasukan ke program ini. Tapi dengan ikut PRB tambah jadi terkontrol diabetesn. Kuncinya jaga pola makan, seperti berhenti sebelum kenyang terus makan makanan yang tidak terlalu manis. Kalaupun ingin makan yang manis, manisnya dikit saja.” tambah Hudaidah.

Hal senada diungkapkan Juprita (65) warga Desa Sriwikaton Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Selama mengikuti Program Rujuk Balik (PRB) merasa puas dengan pelayanannya.

“Programnya enak, membantu sekali. Dalam tiga bulan sekali juga ada cek darah rutin. Jadi bisa tau perkembangan penyakit saya itu bagaimana. Alhamdulillah, hasilnya kemarin bagus seperti kolesterolnya menurun sehingga hipertensinya bisa tetap stabil. Dulu kolesterol saya sampai 350 mg/dL tapi sejak ikut program ini sudah turun dibawah 200 mg/dL. Sama dokternya juga diberi fasilitas senam setiap minggu, obatnya juga rutin diberikan setiap bulannya.” kata Juprita.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top