Connect with us

Pesawat Baung Air Tergelincir di Bandara Silampari

Lubuklinggau

Pesawat Baung Air Tergelincir di Bandara Silampari

LUBUKLINGGAU,LK-Pesawat A320-200 Baung Air dengan jumlah penumpang 130 orang dengan rute penerbangan Jakarta-Lubuklinggau tergelincir saat landing di Bandara Silampari Kota Lubuklinggau, Kamis (19/12/2018) sekitar pukul 10.00 WIB.

Pada simulasi penanggulangan keadaan darutar (PKD) tersebut diketahui saat itu cuaca di bandar udara Silampari cerah dan jarak pandang 10 Km akan tetapi kecepatan dan arah angin berubah-rubah sehingga pesawat mengalami Hard landing pada saat mendarat dengan mengunakan landasan pacu (Runway) 20.

Di karenakan perubahan kecepatan dan arah angin menjadi cross wind sehingga pilot mengalami kesulitan mengendalikan pesawatnya. Pada saat menyentuh runway, main landing gear sebelah kanan mengalami kerusakan yang menyebabkan pesawat swing dan tergelincir ke sebelah kanan runway tepat di sektor 7E pada Grid Map sehingga menimbulkan tumpahan bahan bakar lalu terbakar.

Kemudian Information Service (AFIS) pun segera menginformasikan kejadian tersebut pada unit PKP-PK dan di teruskan kepada kepala bandara selaku ketua komite penanggulangan keadaan darurat.

Lalu Ketua komite menginformasikan kepada seluruh anggota komite sesuai alur Komunikasi dan mengaktifkan EOC.

Dan tim penanggulangan keadaan darurat (Anggota Komite) segera berkumpul di Rendazvous point dan melaksanakan tugas serta fungsi masing-masing sesuai prosedur yang berlaku.

Kepala Bandara Silampari Kota Lubuklinggau Rudi Pitoyo mengatakan adapun maksud dan di selenggarakannya Latihan Airport Emergency Exercise atau Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat bertujuan untuk menguji kemampuan organisasi penangulangan di badara silampari.

“Selain itu meningkatkan kesiapan, keterampilan personil serta perlengkapannya dalam menanggulangi kondisi keadaan darurat di Bandar Udara Silampari Lubuklinggau dalam kondisi sesungguhnya,”ujar Rudi Pitoyo.

Dilanjutkan ia, itu juga menguji Prosedur Komando, Komunikasi dan koordinasi antar unit kerja internal maupun eksternal yang terkait dalam penanggulangan keadaan darurat di bandara Silampari Lubuklinggau.

Tentunya ini dapat memberikan gambaran kepada pengguna jasa kebandarudaraan maupun masyarakat luas tentang kesiapan dan keterampilan segenap unit fungsional yang terkait dengan keadaan darurat penerbangan di bandara Silampari Lubuklinggau.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2018

 

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top