Connect with us

Pertengahan Tahun 2020, Sudah 120 Warga Lubuklinggau Terjangkit DBD

Foto Ilustrasi Demam Berdarah/Internet

Lubuklinggau

Pertengahan Tahun 2020, Sudah 120 Warga Lubuklinggau Terjangkit DBD

LUBUKLINGGAU,LK-Ditahun 2020, dari Januari sampai pertengahan Juli terdata di Dinas Kesehatan (Dinkes) Lubuklinggau ada 120 warga di Kota Lubuklinggau yang terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dalam data tersebut disebutkan bulan Januari lalu ada 36 kasus, Febuari 31 kasus, Maret 31 kasus, April 11 kasus, Mei 8 kasus, Juni 1 kasus dan hingga pertengahan Juli 2 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau, Cikwi Paris mengungkapkan, walaupun angka warga Lubuklinggau terjangkit DBD cukup tinggi, namun kebanyakan hanya suspek.

“Tapi walaupun hanya suspek, DBD ini bagian dari virus dan tetap harus diwaspadai masyarakat,” ungkap kepada wartawan belum lama ini.

Ia pun mengimbau, kepada masyarakat Lubuklinggau untuk selalu waspada mengingat bulan Juli adalah masa peralihan musim dari musim hujan menuju ke musim kemarau.

Apalagi tambahnya, sekarang aktivitas masyarakat juga banyak dirumah. Pihaknya meminta daerah rawan seperti tempat -tempat kampung padat penduduk, wilayah Perumnas Lestari dan Nikan untuk waspada.

Selain itu, ia juga meminta daerah rawan lainnya seperti tempat -tempat dataran rendah wilayah rawan banjir dan rawan genangan juga demikian.

“Dari delapan kecamatan ini wilayah paling padat Timur II dan Barat I.
Karena wilayahnya padat penduduk pembuangan air limbahnya juga banyak yang tergenang,” paparnya.

Untuk itu, ia meminta masyarakat
menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mengubur barang bekas, dan menguras bak penampungan air dirumahnya masing-masing.

Jadi upayanya sekarang meminta masyarakat untuk PHBS, kemudian para tokoh masyarakat Lurah dan RT untuk ikut menyampaikan imbauan dan sosialisasi setiap shalat jumat.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top