Connect with us

Perangi Korupsi Dari Dalam Lapas

Foto ilustrasi

Lubuklinggau

Perangi Korupsi Dari Dalam Lapas

OPINI,LK-Korupsi merupakan suatu kata yang tidak asing lagi di dengar, korupsi ini merupakan kejahatan yang menjadi penyebab terjadinya kemiskinan yang di karena kan masih banyaknya pejabat yang ikut terlibat dalam kasus korupsi.

Menurut Johnston (2005) ia mengatakan bahwa banyak negara yang menganut demokrasi haus akan kekayaan sehingga menjadikan korupsi sebagai pilihan dalam pemenuhan tujuan tersebut.

Korupsi yang banyak dilakukan oleh pihak-pihak yang berwenang dan memiliki kuasa jabatan dalam pekerjaannya. Tidak hanya pegawai dari institusi pemerintahan saja akan tetapi pihak swasta juga banyak yang melakukan korupsi. Namun tetap saja yang dominan melakukan korupsi adalah ASN (Aparatur Sipil Negara).

Pada tahun 2021, dengan berdasarkan data yang disebutkan oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) ASN yang melakukan korupsi dengan nilai total 162 dari 100, ia menyebutkan juga korupsi yang banyak dilakukan yaitu proses pengadaan barang atau jasa yang menyebabkan terjadinya praktek suap dam penggelapan dana.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan salah satu lembaga pemerintahan yang rawan terjadinya korupsi .

korupsi yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) ini bermula dari tuntutan pemenuhan kebutuhan dengan cara instan yang dilakukan oleh petugas lapas, atau dapat dikatakan kehidupan para warga binaan pemasyarakatan (WBP) bergantung terhadap petugas Lapas yang memiliki tanggung jawab terhadap masa tahanan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Sehingga tindak pidana korupsi harus dapat dicegah secara bersama-sama dengan cara meningkatkan peran petugas pemasyarakatan sebagai agen pencegahan dan pemberantasan korupsi di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Pencegahan dapat dilakukan dengan cara menanamkan budaya anti korupsi di lingkungan lembaga pemasyarakatan (Lapas). Selain itu juga dapat dilakukan dengan meningkatkan integritas petugas pemasyarakatan, sehingga petugas lapas dapat memahami konsekuensi hukum dari tindakan tersebut

Opini Ditulis: Putri Anisa
Mahasiswa Politeknik Ilmu Pemasyarakatan
Email: putrianisa1804@gmail.com

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top