Connect with us

PDAM Linggau Dapat Bantuan Intake Dari Hongaria  

Lubuklinggau

PDAM Linggau Dapat Bantuan Intake Dari Hongaria  

LUBUKLINGGAU,LK-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Lubuklinggau, mendapatkan bantuan Intake dari Hongaria, yang terletak di Kelurahan Batu Urip Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe mengatakan saat ini ada sekitar 10 petugas PDAM Kota Lubuklinggau sedang uji pelatihan penggalian teknologi dari pengelola pembangunan awal Intake tersebut.

Intake ini diteruskan Prana, merupakan bantuan dari Hongaria melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia (Kemen PUPR RI) untuk mengerjaka pembangunan proyek Intake.

“Jadi pemerintah kota khususnya PDAM akan menerima setelah pekerjaan ini selesai total, baru diiserahkan,”kata Walikota Lubuklinggau Prana Putra Sohe di lokasi Intake, Jumat (15/12/2018).

Dilanjutkan Prana untuk pembangunan intake sendiri ada 36 titik Se-Indonesia, dan yang sudah selesai ada delapan daerah termasuk di Kota Lubuklinggau. Untuk wilayan Sumatera Selatan (Sumsel) sendiri pembangunan intake bantuan dari hongaria yakni di Prabumulih, Rupit, namun yang selesai hanya di Linggau.

Karena menurut ia, pembangunan intake di Kota Lubuklinggau tidak mempunyai masalah baik itu permasalahan lahan maupun permasalahan lainnya.

“Intake ini kapasitasnya untuk 200 Kepala Keluarga (KK), untuk area sensiri mencakup baturip sampai dengan siring agung dan jogoboyo,”ujarnya.

Diungkapkan Prana Bantuan dari Hongaria ini untuk saluran distribusinya untuk 75 KK dan dari DAK 200 KK dan kedepan akan kita tambah sampai 2000 KK.

Dilanjutkan ia untuk persoalan PDAM di Linggau, pemkot sendiri masih ada dua PR, yakni pertama di PDAM induk pusat yang ada di Keluraha. Kayuara dan memang perlu pebenahan dan saat ini sedang pembuatan reservoir baru.

“Kita menekan 2019 tidak ada lagi persoalan di PDAM, yang selalu macet itu memang dari PDAM pusat, dan memang jumlah pelanggan saat ini memang bertambah,”ujarnya.

Dikatakan ia aliran air akan berjalan sehat, apabila PDAM pusat nanti sudah selesai pembangunannya.Dan pihaknya juga masih membutukan intake satu lagi, untuk diletakan dinwilayah bukit sulap.

Tentunya apabila sudah ada intake satu lagi maka kebutuhan PDAM di Lubuklinggau akan terpenuhi lima sampai 10 tahun kedepannya.

“Didukung dengan intenke yang sudah ada Intake Petanang, IKK Kupang, IKK jukung, dan Baturip,”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2018

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top