Connect with us

Pastikan Hewan Kurban Layak, Dinas Pertanian Lubuklinggau Cek Usia Hewan

Foto nampak petugas saat sedang melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban

Lubuklinggau

Pastikan Hewan Kurban Layak, Dinas Pertanian Lubuklinggau Cek Usia Hewan

LUBUKLINGGAU,LK-Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Lubuklinggau melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di sejumlah titik, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Nampak dilokasi salah satu penampungan hewan kurban yang berada di Jalan Padat Karya, Kelurahan Tanah Periuk, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I ini, petugas dari Dinas Pertanian mengecek usia hewan dan kesehatannya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau Dedi melalui Seketaris M. Arifin mengatakan jika yang menjadi target monitoring petugasnya yakni kambing yang umurnya sudah masuk.

“Selain itu hewan yang dijual tidak cacat, sebab itu hari ini kita mengeceknya, dan kalau kambing usianya 18 bulan,”kata M. Arifin kepada wartawan, Senin (27/7/2020).

Dijelaskan ia, nanti petugas akan melihat giginya sudah masuk tanggal atau belum, dan tidak cacat, yang jelas harus sehat dan itu dibuktikan melalui Dinas Pertanian, karena dinas pertanian ada tenaga teknis.

Selain memonitoring, sebelum hari kurban pihaknya juga nanti saat acara pemotongan hewan kurban, pihaknya akan melakukan monitoring di setiap lokasi-lokasi pemotongan.

“Hewan ini kan ada penyakit dan bisa ditularkan melaui hewan, jadi nanti ada pemeriksaan Post Mortemnya  atau setelah hewan kurban itu dipotong,”jelasnya.

Jadi sambungnya organ dalam nya akan periksa apakah terindikasi mengandung cacing hati atau tidak, kalau iya, maka hewan akan diambil dan tidak direkomendasikan untuk dibagi ke masyarakat.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top