Connect with us

Mudik Tak Boleh, Tempat Wisata di Lubuklinggau Rencana Akan Dibuka Saat Lebaran

Foto tempat wisata Temam yang ada di Kota Lubuklinggau. Foto dokumen

Lubuklinggau

Mudik Tak Boleh, Tempat Wisata di Lubuklinggau Rencana Akan Dibuka Saat Lebaran

LUBUKLINGGAU,LK-Pemerintah pusat kini mengeluarkan surat edaran larangan mudik lebaran 2021, meski tak bisa mudik Masyarakat Kota Lubuklinggau dapat berlibur ke tempat wisata yang ada di Kota Lubuklinggau.

Karena Pemerintah Kota Lubuklinggau dan pengurus Wisata PT. Linggau bisa berencana akan membuka tempat wisata Temam, Watervang dan Wisata Bukit sulap saat Idul fitri 1442 H.

“Kita tadi habis koordinasi dengan pihak Kepolisian Polres Lubuklinggau, kita sampaikan bahwa untuk tempat wisata Temam Sendiri  dari segi Prokes kita sudah siap,”kata General Manager PT. Linggau Bisa Hansen kepada wartawan, Selasa (4/5/2021).

Dijelaskannya, Kalaupun seandanya nanti keputusan dari Pemerintah Daerah, tempat wisata buka, maka pihaknya sudah siap dalam hal prokes. Dan itu sudah disampaikan ada beberapa tempat wisata yang kemungkinan boleh buka dan kemungkinan tutup.

Dijelaskan dia, untuk temam sendiri karena prokesnya sudah dinyatakan lengkap, kemungkina bisa dibuka. Namun seperti tempat wisata yang tidak memenuhi prokes tidak ada thermogun, tempat cuci tangan, mungkin tempat wisata itu akan ditutup.

Tapi terang dia, itu tinggal menunggu kebijakan dari Pemerintah Daerah, kalau dari Kementerian  Pariwisata tidak ada larangan untuk penutupan tempat wisaja, tinggal menunggu kebijakan pemerintah daerah.

Sementara sambung dia, guna menghindari pelonjakan pengunjung, dijelaskan dia pihaknya seperti biasa, sekarang sudah one gate system atau pengamanan di satu kawasan, semua pembayaran dilakukan didepan.

“Orang masuk kedalam kita lakukan pembatasan seperti biasa, orang masuk 100 setelah ada yang keluar baru kita masukan lagi,”ujar dia.

Kemudian untuk didalam tempat wisata sendiri dilakukan pembatasan penyekatan dari tempat duduk, tempat ibadah dan tempat lain-lainnya.

Untuk sekarang jelas dia, prokes yang paling memenuhi persyaratan yang bisa buka, dan kapasitas tampung juga, sehari bisa tampung 3.000 sampai 4.000 orang secara bergantian.

Sementara untuk bukit sulap sendiri sudah dilengkapi prokesnya, chamber sudah ada, tempat cuci tangan ada, thermogun juga sudah disiapakan.

“Namun dibukit sulap tidak begitu ramai jumlah pengunjung, yang rami hanya di wisata temam,”tutupnya.

Sementara Kapolres Lubuklinggau AKBP Nuryono mengatakan, benar tadi masalah pariwata itu sudah dia rapatkan dengan pihak yang terkait.

“Untuk tempat wisata tadi sudah kita kumpulkan, tempat wisata  dihimbau untuk melakukan protokol kesehatan,”kata Kapolres Lubuklinggau AKBP Nuryono.

Selain itu diterangkan Nuryono, dia memberikan arahan agar tempat wisata diminta dipasang spanduk, banner terkait himbauan protokol kesehatan.

Kapolres juga nanti akan menerjukan personil ditempat-tempat wisata guna mengatur prokes kesehatan dan bertujuan menghindari terjadinya kerumunan masa.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top