Connect with us

Mudahkan Pelayanan Publik, Pengadilan Negeri Lubuklinggau Luncurkan Aplikasi Silampari

Foto petugas Pengadilan Negeri Lubuklinggau saat menunjukan aplikasi Silampari yang diluncurkan Pengadilan Negeri Lubuklinggau

Lubuklinggau

Mudahkan Pelayanan Publik, Pengadilan Negeri Lubuklinggau Luncurkan Aplikasi Silampari

LUBUKLINGGAU,LK-Pengadilan Negeri Lubuklinggau Kelas I.B, kini sudah memudahkan pelayanan Masyarakat di Musirawas, Lubuklinggau dan Muratara, dengan meluncurkan program pelayanan secara Elektronik menggunakan Aplikasi.

Humas Pengadilan Negeri Lubuklinggau Andi Barkam, menyebut aplikasi Elektronik itu bernama Silampari, dari aplikasi Silampari terdapat beberapa menu pelayanan yang ada di Pengadilan Negeri Lubuklinggau.

Menu-menu layanan umum yang ada, diatara SIPP (Sistem Informasip Penyusunan Perkara), dengan menu SIPP Masyarakat dapat secara mudah mengakses informasi tentang jadwal sidang, acara sidang, jumlah tuntutan dan  vonis hukuman.

Ada juga menu Sniper (Sistem Pelayana Izin Pidana Terpadu), isinya seperti dari pihak Kepolisian untuk melanjutkan penahanan, atau penyitaana dapat menggunakan aplikasi Sniper.

Ada juga menu Simpel Dilan, E-Court yang berguna bagi masyarakat agar dapat melihat persidangan secara elektronik, jadi gak perlu repot-repot lagi mau datang langsung ke Pengadilan.

“Masyarakat cukup dengan download aplikasi Silampari, masyarakat sudah bisa mengakses layanan yang ada di Pengadilan Negeri Lubuklinggau,”terang Andi Barkam kepada wartawan, Jumat (11/6/2021).

Menurut Andi, Itulah tujuan adanya aplikasi untuk Memberikan pelayanan yang cepat, akuntabel, transparan, selain itu sebagai bentuk jawaban Pengadilan untuk memenuhi peningkatan pelayanan kepada Masyarakat khusunya di Musirawas, Lubuklinggau dan Muratara.

Sehingga sambung Andi, masyarakat kini kalau ingin membuat surat keterangan surat belum perna dipidana dari Pengadilan, dapat menggunakan aplikasi Silampari. Masyarakat tidak perlu lagi antri-antri panjang seperti kemarin.

Masyarakat terangnya, cukup dari rumah saja, sudah bisa mengurus surat tersebut dengan cara memilih menu Era Terang dari Aplikasi Silampari. Dalam menu tersebut masyarakat tinggal mengisi form dan juga mengisi persyaratan yang ada.

Namun meskipun Masyarakat sudah mengisi form, Masyarakat juga wajib harus mengumpulkan persyaratan yang aslinya.

Namun jangan khawatir, Jadi Khususnya di Kabupaten Musirawas, Pengadilan saat ini sudah bekerja sama dengan kantor Pos dan diketahui Pemerintah Kabupaten Musirawas, itu berkas-berkas yang aslinya cukup diantarkan saja melalui kantor Pos.

“Nanti akan diperiksa di Kantor Pos, berkas itu kemudian akan dikirimkan ke Pengadilan, dengan biaya sesuai dengan aturannya,”jelas dia.

Nanti setelah di Pengadilan, Pengadilan barulah akan mengeluarkan surat keterangan. Disini Pengadilan melalui Kantor Pos akan mengirim kembali surat keterangan tersebut langsung kerumah yang bersangkutan.

Sehingga Masyarakat tidak perlu repot lagi jauh-jauh datang ke Pengadilan Negeri, apalagi saat inikan masih sedang situasi Covid-19.

Ditambah dia, masyarakat juga dapat melihat menu informasi tilang, jadi dari menu informasi tilang semua perkara lalulintas dapat diketahui dari aplikasi.

Untuk meng-akses Informasi tilang, Masyarakat hanya tinggal mengisi nomor tilang dari menu Informasi Tilang, setelah itu masyarakat dapat mengatahui perkara tilang yang sudah putus, beserta biaya denda yang harus dibayarkan.

Namun, untuk bayar denda, itu melalui Kejaksaan atau melalui BANK, Dalam perkara tilang ini mengadilan hanya memutus, untuk biaya denda itu dari pihak Kejaksaan.

“Dari aplikasi juga dapat terhubung langsung ke medsos Pengadilan Negeri, mulai dari Facebook, Instagram, twitter dan juga Youtube,”ujar dia.

Layanan aplikasi Silampari dapat di download melalui aplikasi Play Store atau APP Store.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top