Connect with us

Meningkat, 10 Positif DBD di Linggau  

Foto ilustrasi/Sumber Internet

Lubuklinggau

Meningkat, 10 Positif DBD di Linggau  

LUBUKLINGGAU,LK-Tak hanya virus corona yang menjadi kekhawatiran untuk dilakukan langkah antisipasi dan pencegahannya saat ini. Sebab kasus demam berdarah (DBD) juga untuk saat ini meningkat. Di kota Lubuklinggau sejak Januari hingga dengan Maret ini 10 orang posotif DBD.

Kabid P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau, Jeanita menjelaskan memasuki pancaroba masyarakat diminta selalu menjaga kesehatan linmgkungan. Sebab musim pancaroba saat ini cureah hujannya tidak bisa terkendali. Sehingga memungkinkan banyak air tergenang. Dan kalau ada air tergenang itu merupakan perindukan yang paling menarik untuk sektor nyamuk.

Sehingga masyarakat diminta harus bisa menjaga kesehatannya mulai dari lingkungannya. Karena yang harus disikapi adalah nyamuknya. Nyamuk rantai hidupnya butuh waktu 6 hari, jadi putuslah rantai hidupnya itu dengan membersihkan semua peluang-peluang air yang tergenang.

Soal data, jumlah kasus masih terkendali, artrinya belum menujukan peningkatan kearah kejadian luar biasa.

Data kasus lebih kurang sampai bulan ini yang positif DBD ada 10 kasus. Sedangkan untuk yang tersangka banyak.

“Semua sudah ditata laksanai dengan baik,” jelasnya.

Kemudian pihak Dinkes mengimbau kepada seluruh masyarakat, kesehatan pribadi merupakan tanggung jawab pribadi. Ketika anda mempunyai sampah buanglah pada tempatnya. Ketika anda punya halaman rumah, bersihkan rumahnya. Hanya itu cara. Fogging bukanlah cara, tapi fogging untuk kasus yang sudah tidak dapat dikendalikan.

Dari 10 kasus positif DBD tersebut ia menyebut ditemukan ditempat atau pemukiman padat penduduk. Seperti diwilayah Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Lubuklinggau Selatan I dan Lubuklinggau Barat I.(rdw)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top