Connect with us

Mengenang Sejarah Perjuangan Lapangan Merdeka di HUT RI ke-75

Foto Ketua Komisi I DPRD Kota Lubuklinggau Merismon

Lubuklinggau

Mengenang Sejarah Perjuangan Lapangan Merdeka di HUT RI ke-75

LUBUKLINGGAU,LK-Indonesia telah merdeka sejak 17 Agustus 1945, yang berarti tahun 2020 ini Indonesia sudah 75 tahun merdeka.
Sedikit mengingatkan dan membuka sejarah lubuklinggau di masa penjajahan belanda dan jepang di awal tahun 1925-1949.

Kota Lubuklinggau sangat melekat di hati masyarakat dan dalam sejarah perjuangan di pulau sumatera.

“Lubuklinggau merupakan kota perjuangan hal ini ditandai dengan adanya Subkoss Garuda yang merupakan pusat Militer TNI untuk wilayah Sumatera Selatan selama perang kemerdekaan 1 dan perang kemerdekaan 2,”kata Ketua Komisi I DPRD Kota Lubuklinggau Merismon kepada Linggauklik.com, Jumat (14/8/2020).

Baca juga: Ikon Kota Lubuklinggau Hanya Tinggal Nama

Baca juga: Lapangan Merdeka Saksi Lubuklinggau Kota Perjuangan Kini Tinggal Kenangan

Menurutnya, ada banyak tempat-tempat sejarah perjuangan yang ada di Kota Lubuklinggau, seperti adanya sejarah lapangan Merdeka yang dahulunya merupakan alun-alun kota merupakan tempat atau rumah jabatan kontelir.

Tetapi sambungnya, tempat tersebut kini hanya tinggal kenangan, kenapa, karena lapngan merdeka saat ini sudah tidak ada lagi, dan sekarang sudah menjadi taman kurma.

Pastinya, jelas ia, dirinya sebagai warga Kota Lubuklinggau sangat merindukan lapangan merdeka, apalagi disana banyak terukir kenangan.

“Sejak umur 3 tahun saya tinggal didekat lapangan merdeka tepatnya di Gang Muhammadiyah dekat lapangan merdeka,”ungkap pria ini.

Dikatakan ia, dulunya lapangan merdeka adalah tempat bermain bola dan tempat kegiatan upaca saat hari-hari besar pahlawan dan kemerdekaan Indonesia. Selain itu disana tempat orang-orang berkumpul.

Bagi Dirinya, lapangan merdeka mempunyai banyak historis.

“Banyak kenangan terindah,”uncapnya sambil tersenyum-senyum mengingat historis lapangan merdeka.

Ia berpendapat, pastinya semua warga di Kota Lubuklinggau pastinya merindukan lapangan merdeka, namun saat ini tentu lapangan merdeka tak dapat dikunjungi lagi oleh anak-anak dan cucu, karena lapangan merdeka saat ini sudah berubah menjadi taman kurma.

Ia melihat dengan kondisi taman kurma yang saat ini, kalau dari sisi manfaat tentu semua nya ada manfaat, sekarang dijadikan sebagai taman Kurma tentu juga bermanfaat sebagai Ruang terbuka hijau, tempat rekreasi dan bersantai bagi masyarakat.

“Hanya saja disayangkan Karena Lapangan merdeka itu dulu punya historis tersendiri bagi perjuangan warga kota Lubuklinggau dizaman kemerdekaan,”ujarnya.

Dirinya berpesan kepada generasi sekarang untuk tidak melupakan sejarah. Banyak-banyaklah belajar sejarah, penting untuk mengetahui asal usul kota Lubuklinggau, perjuangan rakyat dalam merebut kemerdekaan.

Selain itu penting juga untuk mengetahui seluk beluk budaya kota Lubuklinggau.(rdw)

Baca juga: Saat Merdeka Indonesia Tak Punya Tentara, dan Ini Awal Berdirinya Museum Subkoss di Linggau

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top