Connect with us

Memantau Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Melakukan Customer Visit

Lubuklinggau

Memantau Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Melakukan Customer Visit

LUBUKLINGGAU,LK – Sesuai dengan visi BPJS Kesehatan yakni mewujudkan jaminan kesehatan yang berkualitas dan tanpa diskriminasi kepada seluruh peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau berkomitmen melihat secara langsung kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Fasilitas Kesehatan kepada Peserta JKN-KIS melalui program Customer Visit.

Harapan dengan dilaksanakannya Customer Visit, dapat terlihat gambaran pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Rumah Sakit sudah sesuai dengan standar pelayanan kesehatan yang ditentukan sehingga berdampak pada peningkatan kepuasan peserta.

Salah satu peserta JKN-KIS yang dikunjungi saat itu adalah Sunariah. Nenek kelahiran tahun 1952 sangat bersyukur pemerintah masih memperhatikannya dengan memberikan jaminan kesehatan. Terlebih saat mendapatkan pelayanan kesehatan seperti saat ini dirinya dikunjungi untuk mengetahui pelayanan kesehatan yang ia terima sudah baik atau belum.

“Alhamdulillah Nak, pemerintah masih perhatian sama nenek ngasi kartu JKN-KIS ini. Kartunya bisa nenek pakai berobat. Kalau katek (tidak ada) kartu ini nenek dak punyo duit (tidak punya uang) untuk berobat.” ujar Sunariah.

Sementara, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau Yusfikarina saat ditemui di kantornya mengatakan kegiatan tersebut merupakan aktivitas rutin yang lakukan oleh PIPP RS kepada semua Fasilitas Kesehatan Tingkat Rujukan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan.

“Kegiatan ini adalah bentuk nyata dalam mengurangi keluhan Peserta JKN-KIS, karena dengan customer visit kita dapat mengetahui secara langsung penilaian peserta kepada fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanannya terutama di Rumah Sakit.Kegiatan ini juga tidak hanya untuk melihat gambaran pelayanan kesehatan yang diberikan, kami juga dapat memberikan informasi langsung kepada Peserta tentang hak dan kewajibannya. Hal-hal yang kita dapatkan saat kegiatan customer juga akan kita sampaikan kepada manajemen Rumah sakit sehingga dapat dilakukan perbaikan serta dapat meningkatkan kepuasan peserta baik dari sisi BPJS Kesehatan maupun Rumah Sakit itu sendiri.” kata Yusfikarina.

Yusfika menambahkan selain kegiatan Customer Visit, demi meminimalisir keluhan yang terjadi atas pelayanan kesehatan yang diterima oleh peserta pihaknya juga berkoordinasi dengan semua Rumah Sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk menyediakan pojok bagi peserta JKN-KIS yang mau meminta informasi dan menyampaikan pengaduan terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit.

“Rumah Sakit menyediakan pojok pemberian informasi dan penanganan pengaduan, tidak hanya itu Rumah Sakit juga membuat akrilik informasi nomor telepon petugas BPJS Kesehatan dan Petugas Rumah Sakit yang ditempel ditempat strategis, kapan saja peserta dapat menghubungi nomor telepon tersebut apabila peserta memerlukan informasi ataupun peserta ingin menyampaikan keluhannya.” imbuh Yusfikatina.

Selain di Rumah Sakit peserta juga dapat menghubungi petugas BPJS Kesehatan di kantor BPJS Kesehatan terdekat jika memerlukan informasi lebih lanjut. Terlebih saat malam hari ataupun hari libur peserta juga dapat menghubungi call center 1500400 untuk meminta informasi lebih lanjut. Yusfika juga menyarankan agar setiap peserta JKN-KIS dapat mengunduh aplikasi Mobile JKN agar semua kemudahan ada pada genggaman peserta sebab pada aplikasi tersebut sangat banyak fitur yang dapat dimanfaatkan peserta JKN-KIS untuk mengakses informasi.(rls/rdw)

copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top