Connect with us

Komunitas Teater Subkos Linggau Ingatkan Anak Akan Seni Budaya Lokal

Lubuklinggau

Komunitas Teater Subkos Linggau Ingatkan Anak Akan Seni Budaya Lokal

LUBUKLINGGAU,LK- Komunitas teater budaya Museum Subkos Garuda Lubuklinggau, turut memeriahkan gelaran lomba menggambar dan mewarnai anak-anak Se-Kota Lubuklinggau, Rabu (9/10) pagi sekitar pukul 10.00 WIB.

Kegiatan lomba anak-anak tersebut menggunakan gedung subkos Kota Lubuklinggau dan sekaligus mengingatkan anak akan sejarah Kota Lubuklinggau.

Kehadiran mereka tampil percaya diri mengenakan pakai khas Suku Anak Dalam (SAD), pentaskan cerita budaya lokal “Dewi Bulan” wanita sakti asal Desa Napal Licin.

Duki Abadianto Salah satu pemeran teater mengatakan bersama rekan seni didik Subkos Garuda, menyempatkan diri untuk tampil guna menyuarakan keberadaan akan seni dan budaya lokal Sumatera Selatan.

Adapun, dalam kesempatan kali ini. Dirinya hadir dengan konsep memakai baju SAD, dengan turun memberikan pengetahuan akan cerita keberadaan Dewi Bulan, yang merupakan seorang sosok wanita warga asal Desa Napal Melintang yang dikenal sakti.

“Sebenarnya, paling utama tujuan kami pentas. Semua tidak lain, guna mengingatkan akan budaya sejak dini kepada anak-anak, baik adanya keberadaan Suku Anak Dalam (SAD) bahkan cerita adanya Dewi Bulan sebagaimana upaya mengajak dalam melestarikan budaya lokal,”terangnya.

Selain itu, diceritakannya adanya cerita Dewi bermula dari sebuah cerita Feri salah seorang warga Desa Napal Licin yang melakukan raga sukma memantau gaib disana.

“Setelah bertapa, ditemukan adanya keberadaa Dwi bulan wanita yang memang orang terdahulu, miliki kesaktian Dimana waktu itu, setiap bulan purna tumbal jejaka. Karena raga sukma menangkal tidak perlu lagi adanya tumbal,”ceritanya.

Yang jelas ungkapnya, ia turun pentas tidak hanya mengangkat cerita Dewi Bulan. Dan ini ditampilkan tidak baru ini saja, akan tetapi sudah tampil festival Sriwijaya, bahkan tingkat nasional di ajang fasion karnaval Indonesia di Medan.

Ia pun perna menampilkan budaya lokal yakni seperti cerita dayang torek.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top