Connect with us

Kodam II Sriwijaya Siap Antisipasi Karhutla di Sumsel

Foto Pangdam II Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Irwan

Lubuklinggau

Kodam II Sriwijaya Siap Antisipasi Karhutla di Sumsel

LUBUKLINGGAU,LK-Kodam II Sriwijaya siap mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera Selatan (Sumsel) pada musim kemarau tahun 2020 ini.

“Masalah karhutla kita sudah melakukan apel kesiagaan untuk wilayah Sumatera Selatan,”kata Pangdam II Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Irwan, Rabu (8/7/2020) kepada wartawan saat kunjungannya di Kota Lubuklinggau.

Mudah-mudahan sambung ia,  potensinya bisa ditekankan, karena kesiapan sudah disiapkan beberapa bulan yang lalu, selain itu anggotanya sudah mensosialisasikan kepada masyarakat, terutama di 94 daerah yang ia anggap rawan keabakaran di Sumsel.

Menurut ia, semua sudah dimasukan disana baik dari bhabinkamtibmas, babinsa, BPBD sudah mensosialisasikan kepada Masyarakat jangan membakar hutan atau lahan.

“Alhandulilillah untuk sementara ini tidak ada yang membakar hutan, ada titik api atau hotspot, tetapi itu hanya orang membakar sampah sedikit,”jelasnya.

Dijelaskan ia, selama bulan Juni dan Juli ada beberapar Hotspot yang dilaporkan BPBD dan itu hanya orang membakar sampah sedikit.

Dan ia juga, sudah koordinasi dengan Kapolda Provinsi Jambi, bahwasan harus bersinergi dan menerapkan model lancang kuning, jadi dengan mengunakan atau mengaktifkan tower yang dipasang CCTV dan itu bisa memantau jarak 5 kilometer.

“Jadi kalau ada terdeteksi ada titik api anggota langsung turun kelokasi,” jelasnya.

Selain itu Kodam II Sriwijaya, sudah antisipasi untuk mencegah karhutla di Sumsel. mudah-mudahan musim kemaraunya tidak terlalu panjang.

Sementar informasi dari BMKG musim kemarau tahun ini, musim kemarau yang agak basah, sehingga relatif terkendali.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top