Connect with us

Ketua DPRD Mura : Dinsos Harus Benahi dan Fungsikan Taman Makam Pahlawan

Lubuklinggau

Ketua DPRD Mura : Dinsos Harus Benahi dan Fungsikan Taman Makam Pahlawan

MUSI RAWAS LK-Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, tentunya merupakan hal yang bersejarah bagi pahlawan dan bangsa Indonesia.

Setiap Makam Pahlawan dikunjungi untuk sengaja digelar upacara bahkan tabur bunga, sebagai salah satu bentuk penghormatan jasa para pahlawan yang gugur saat memperebutkan kemerdekaan negara Indonesia.

Namun, Taman Makam Pahlawan (TMP), yang terletak di Pusat Perkantoran Agropolitan Center Pemkab Mura, di Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Mura, sangat memprihatinkan.

Hingga saat ini, TMP tidak bisa difungsikan seperti TMP pada umumnya, tentunya membuat, Ketua DPRD Mura, Azandri angkat bicara meminta kepada Dinas Sosial (Dinsos), Kabupaten Mura, agar melakukan pembenahan sehingga nantinya bisa difungsikan apabila ada upacara pahlawan.

“Saya, meminta Dinsos kiranya, untuk melakukan pembenahan TMP, sehingga nantinya bisa difungsikan. Nantinya apabila ada upacara pahlawan dan tabur bunga bisa dilaksanakan di TMP Mura tidak lagi ke TMP Bukit Sulap Kota Lubuklinggau,” kata Ketua DPRD Mura, Rabu (10/11/2021).

Azandri menjelaskan, memang hal tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan, semuanya butuh proses, hanya saja hal tersebut bukannya tidak mungkin bisa dilakukan.

“Mungkin, langka awal ajak para veteran yang ada di Gedung Subkos Kota Lubuklinggau duduk bersama, rapat bersama serta para pejuang yang masih ada di Kabupaten Mura, untuk membahas TMP, agar bisa difungsikan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ketua DPRD Mura menjelaskan, kalaupun memang belum ada makam pahlawan, mungkin bisa diisi dengan memindahkan makam pahlawan yang ada di Kabupaten Mura ke TMP tersebut.

Selain itu, juga bisa diisi sekaligus dipindahkan dengan makam para pejuang jaman sekarang yang ada dedikasi untuk Kabupaten Mura, baik dibidang pendidikan, kesehatan, militer dan lain-lain.

Sehingga nantinya, apabila ada peringatan hari pahlawan bisa melaksanakan upacara di TMP itu, tanpa harus repot-repot ke Lubuklinggau.

“Sebenarnya hal ini sudah dibicarakan dengan Kepala Dinsos, pada tahun 2018 lalu, dan masih ada problem, namun kembali lagi seharusnya problem harus diselesaikan, kalau tidak sekarang kapan lagi,” tegasnya.

Azandri menambahkan, selain TMP, Tugu Pahlawan yang ada dipinggiran Jalan Lintas Sumatera tepatnya didepan diseberang Kantor KPU Mura, juga harus diperhatikan, jangan sampai ditumbuhi oleh rumput hingga lumut.

“Sama halnya tugu pahlawan yang ada di Kelurahan Pasar Muara Beliti, seakan-akan kurang perhatian tidak terawat, oleh sebab itu, saya pinta kiranya pihak Kecamatan Muara Beliti dan Kelurahan Pasar Muara Beliti, harus memperhatikan tugu pahlawan, karena tanpa adanya jasa para pahlawan kita tidak akan bisa seperti sekarang ini, artinya kita harus mewarisi semangat juang para pahlawan jangan mewarisi abunya saja,” tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top