Connect with us

Kehilangan Kendaraan Saat Parkir Ternyata Tanggung Jawab Pengelola Parkir Loh

Foto : Anggota BPSK Kota Lubuklinggau saat berdiakusi kepada pelaku usaha tentang tanggung jawab parkir

Lubuklinggau

Kehilangan Kendaraan Saat Parkir Ternyata Tanggung Jawab Pengelola Parkir Loh

LUBUKLINGGAU,LK-Bagi Konsumen pengguna kendaraan roda dua atau roda empat mendapatkan pelayanan jasa parkir berbayar, apabila terjadi kehilangan itu merupakan Tanggung jawab sepenuhnya pelaku usaha pengelola parkir.

Ketua Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Lubuklinggau, Nurussulhi Nawawi menyatakan contoh salah satu parkiran di salah satu Mall Kota Lubuklinggau dimana, pada struk parkir tertulis bahwa. Pengelola jasa parkir tidak bertanggung jawab atas kehilangan dan kerusakan kendaraan selama konsumen memanfaatkan sewa lahan parkir.

maka menurutnya, yang harus dilakukan konsumen adalah membawa bukti struk parkir dan melaporkan pelaku usaha pengelola jasa parkir tersebut, kepada BPSK.

‎Hal ini menurutnya, sesuai dengan amanat Undang-undang RI No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, DimanaBPSK diberikan kewenangan untuk melakukan pengawasan.

Ketika pengelola parkir mewajibkan konsumen membayar premi jasa parkir, maka kata Nurussulhi Nawawi, sudah menjadi sebuah kewajiban yang mengikat. Bahwa, kehilangan dan kerusakan kendaraan‎ konsumen selama pemanfaatan jasa parkir, sepenuhnya merupakan tanggung jawab pelaku usaha pengelola parkir.

“Parkir merupakan Hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan  dalam  mengkonsumsi barang dan jasa,”ujar Nun sapaan Akrabnya saat menggelar sidang BPSK, Rabu (20/11/2019)

Dikatakan ia, jika peraturan yang dibuat pelaku usaha merupakan peraturan sepihak dan tidak berhadapan dengan konsumen, sebab itu peraturan itu dibuat sepihak, maka setuju atau tidak setuju ketika konsumen masuk ke lahan parkir pelaku usaha, maka harus tunduk terhadap peraturan perusahaan.

“Dan peraturan sepihak itu yang dilarang pemerintah ketika aturan itu dibuat sepihak dan merugikan konsumen,”ungkapnya.

Dan sambungnya itu dapat diuji apabila itu bisa menimbulkan potensi kerugian kepada kosumen. Ketika konsumen membayar pelaku usaha jasa parkir tetap harus menjaga dan memeliraha kendaraan yang ada didalam.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top