Connect with us

Kasus Pertama di Lubuklinggau, Warga Dinyatakan kembali Positif Corona Setelah Dinyatakan Sembuh

Foto ilustrasi/Sumber Internet

Lubuklinggau

Kasus Pertama di Lubuklinggau, Warga Dinyatakan kembali Positif Corona Setelah Dinyatakan Sembuh

LUBUKLINGGAU,LK-Satuan Gugus Penangan Covid-19 Kota Lubuklinggau melaporkan salah seorang warganya kembali terinfeksi virus corona setelah sempat dinyatakan sembuh.

Ini merupakan kasus ‘reinfection’ atau kembali terinfeksi pertama yang dilaporkan oleh pemerintah Kota Lubuklinggau terkait dengan adanya wabah virus corona.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid19 Kota Lubuklinggau, dr Jeannita Sri A Purba menjelaskan pasien tersebut diketahui pada 8 Juni 2020 kemarin dinyatakan posotof covid19. Kemudian setelah mendapatkan perawatan dirumah sehat Silampari Bandiklat sekitar satu bulan, pasien dinyatakan sembuh di bulan Juli.

“Kembali dideteksi pada 28 Agustus 2020 terkena covid-19 lagi. Namun gejalanya lebih ringan daripada yang gejala pertama,” ungkapnya.

Ia mengatakan, kasus tersebut lebih dikenal dengan kasus reinfection. Dan kasus seperti itu masih dalam pembelajaran oleh tim medis di seluruh dunia. Sebab di Indonesia untuk kasus reinfection berdasarkan laporan yang terjadi hanya ada beberapa kasus saja. Dan tim Satgas covid19 Kota Lubuklinggau sudah melaporkan kasus itu ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel.

Ia sudah melaporkan kasus ini ke Dinas Kesehatan Provinsi. Apakah nanti selanjutnya akan diteliti.

Hingga saat ini perkembangan pasien reinfection tersebut tengah menjalani perawatan dirumah sehat bandiklat. Hasil pemeriksaan terhadap paru-paru pasien sehat oleh tim satgas covid19.

“Perkembangan paru-parunya sehat, serta faktornya tidak ada gambaran apapun. Kami yakin beliau akan melakukan aktifitas lagi dalam waktu dekat.

Jeannita mengungkapkan, faktor reinfection bisa didapat darimana saja dan sama seperti flu biasa. Dan semua orang bisa tertular kembali.

“Ini (vaksin covid-19) masih dalam proses penelitian apakah enam bulan atau sampai dua tahun. Untuk diketahui vaksin influensa saja hanya berlangsung satu tahun,” katanya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top