Connect with us

Karyawan Leasing Motor dan Konsumen Kompak Buat Laporan Palsu Dibegal

Kriminal

Karyawan Leasing Motor dan Konsumen Kompak Buat Laporan Palsu Dibegal

Pelaku Dina (29)

#Modus Demi Mendapatkan Asuransi

LUBUKLINGGAU, Lk -Dina (29) warga Jalan Perintis RT. 05 Kelurahan Jogoboyo Kecamatan Lubuk Linggau Utara II dan karyawan CV. Utama Motor Cabang Kota Lubuklinggau kompak membuat laporan palsu di Mapolsek Lubuklinggau Utara.

Amin (41) Karyawan Leasing Motor

Alhasil,keduanya berhasil diringkus Polisi di 2 (dua) tempat yang berbeda.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono melalui Kapolsek Lubuklinggau Utara, AKP Harison Manik menjelaskan bahwa kedua pelaku ditangkap karena telah memberikan laporan palsu atau keterangan palsu sebagaimana dimagsud dalam Pasal 242 KUHP dan atau tindak pidana Pemalsuan Surat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 263 KUHP. Dengan dasar Laporan Polisi : LPA  / 04 / II / 2019 / Sumsel / Res Linggau / Sek Utara, tanggal 08 Februari 2019 atas laporan BRIGPOL Toni Hendrikson Sianturi.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolsek, modus operadi yang dilakukan oleh pelaku yakni dengan memberikan keterangan palsu ke Mapolsek, pada Jum’at (08/02/2019)sekira pukul 16.00 WIB di SPK Polsek Lubuklinggau Utar.

Saat itu pelaku mengaku bahwa pada Senin (28/1/2019) telah menjadi korban begal motor di  Jalan Malus Kelurahan Petanang Ulu, sekitar pukul 17.00 WIB.

“Pelaku yang mengaku sebagai korban begal datang ke Mapolsek melapor bahwa telah dibegal oleh 2 orang lelaki yang tidak dikenal menggunakan sepeda  motor Yamaha Vixion, saat pulang dari rumah temannya di wilayah Malus, bersama temannya bernama Kasri alias ayuk Ayi, yang langsung mengambil secara paksa sepeda motor Honda Beat Nopol BG 2698 HAB warna Hitam berikut STNK asli disimpan di dalam Jok sepeda motor, Dompet berisikan uang tunai sebesar Rp. 1.300.000,- dan 1 unit Handphonenya, dengan total kerugian sebesar Rp. 17.000.000,-,”jelas Kapolsek.

Selanjutnya tim Satreskrim Polsek melakukan penyelidkan dan berdasarkan keterangan saksi Kasri yang disebut namanya dalam laporan dari pelaku, tidak pernah menemani pelaku pergi ke Malus dan tidak pernah mengalani Penodongan alias Begal. Hingga akhirnya pelaku berhasil ditangkap dirumahnya tanpa perlawanan.

Dari pemeriksaan pelaku mengakui perbuatannya dan dia melakukan itu semua karena disuruh oleh orang yang bernama Koko Amin dengan upah Rp. 700 ribu dan apabila asuransi cair semuanya akan diserahkan ke pelaku Dina.

“Tim Reskrim langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku Amin alias Amin Steven (41) karyawan CV. Utama Motor Cabang Lubuk Linggau, di daerah Desa E Wonokerto, Kecamatan Tugumulyo dan pelaku mengakui perbuatannya telah membuat laporan palsu untuk mendapat keuntungan dari asuransi FIF, dan sudah 21 data konsumen yang dipalsukan,”paparnya.

Akhirnya, kedua pelaku diamankan di Mapolsek Lubuklinggau Utara, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Penulis :Reki Alpiko –
Copyright@linggauklik.com 2019

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Kriminal

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top