Connect with us

Kapolda Ungkapkan Linggau Kota Sejarah dan Merupakan Ibu Kota Sumsel Pertama

Lubuklinggau

Kapolda Ungkapkan Linggau Kota Sejarah dan Merupakan Ibu Kota Sumsel Pertama

LUBUKLINGGAU,LK-Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Firli Msi mengatakan jika Kota Lubuklinggau dulunya ibu kota pertama Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan merupakan kota bersejarah, Minggu (22/9/2019) saat kujungan kerja di Polres Lubuklinggau.

“Kota linggau ini kota tua yang sudah cukup mengisi perjalanan bangsa, mungkin ada sebagian yang tidak paham,”kata Irjen Pol Drs Firli Msi saat sambutannya.

Dilajutkannya Kota Lubuklinggau ada setelah setahun perjuangan sumpah pemuda 28 okteber tahun 1928, yakni pada tahun 1929. Dan Kota Lubuklinggau dulu terkenal dengan kota Sindang Marga Ilir.

Awal terbentuknya sumsel sambungnnya, itulah Kota Lubuklinggau, dan kota yang pertama dibangun belanda yang dulunya ada di Muara Beliti dan setelah itu pindah Ke Linggau.

“Makna sejarah ini bahwa linggau ini ada sebelum perjuangan, dan setelah kemerdekaan timbul, bahwa Kota Linggau merupakan ibu kota sumatera selatan,”terangnya.

Pada 1981 linggau menjadi kota administratif. Setelah dibentuknya Undang-undang no 22 tentang otonomi daerah, dan kota Lubuklinggau menjadi kota otonomi baru.

“Dan saya berharap Supaya orang inget perjuangan linggau ini, dan bagaimana nanti kedepannya,”ujarnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top