Connect with us

Kandang Komunal, Siap Tampung 250 Sapi Belgian Blue

Foto ilustrasi/Sumber Internet

Lubuklinggau

Kandang Komunal, Siap Tampung 250 Sapi Belgian Blue

LUBUKLINGGAU,LK-Dinas Pertanian dan Peternakan Lubuklinggau siap menampung 250 ekor jenis Belgian Blue yang ditempatkan di Kandang Komunal yang berada di Kelurahan Rahma, Kota Lubuklinggau.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Dedi Yansah mengatakan bahwa saat ini tengah terjalin MoU antara Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dengan Kementrian Pertanian untuk menjadikan Sumsel lumbung ternak.

“Ada program gubernur sudah buat mou dengan menteri bahwa susmel menjadi lumbungnya ternak. Jadi bukan surplus daging tapi surplus ternak,”kata Dedi kepada wartawan, Jumat (14/2/2020).

Diungkap ia, nanti rencananya setiap daerah di Sumsel akan dapat bantuan hewan ternak sapi jenis Belgian blue. Untuk wilayah Sumsel sendiri mendapatkan alokasi hampir 1000 – 500 ekor. Belgian blue itu jenis sapi yang paling hebat. Tentu sangat beruntung apabila mendapatkannya.

Pihak provinsi, kata Dedi, menanyakan kesiapan setiap daerah. Maka ia sampaikan bahwa Lubuklinggau ada kandang komunal siap menampung 250 ekor sapi yang ekstra besar. Kandang komunal tersebut di kelurahan rahma, mudah mudahan Lubuklinggau bisa mendapatkan bagian sapi. belgian itu.

Apalagi, kabutuhan sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) Lubuklinggau mencapai 4500 ekor sapi. Ditambah pada saat lebaran yang mencapai 1000 ekor sapi, tentu bantuan sapi tersebut sangat diharapkan dalam memenuhi kebutuhan daging sapi pertahun.

“Setahun RPH kita 4500 ekor, kalau lebaran sampai 1000 ekor berarti sampai 5000 ekor pertahun. itu baru sapi belum kambing. Pesan pak menteri kita cari yang butuh bukan yang mau. Kalau mau kan siapa saja bisa. Kalau butuh kan berarti dia sudah siap sudah menjadi peternak. Maka nanti kita akan benar cari yang benar benar butuh untuk ternak sapi tersebut,”ujarnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top