Connect with us

JULayanan PANDAWA Semakin Permudah Peserta JKN-KIS

Lubuklinggau

JULayanan PANDAWA Semakin Permudah Peserta JKN-KIS

LUBUKLINGGAU,LK-Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dewasa ini, banyak sekali kemudahan yang dihadirkan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Salah satu contohnya, jika dulu mengurus administrasi dan keperluan informasi harus datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, kini Peserta JKN-KIS dapat menggunakan kanal Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) dan tanpa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

“BPJS Kesehatan Cabang Lubuklingga punya kanal layanan di aplikasi Whatsapp di nomor 082285737233. Layanan ini dinamakan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA). Jadi Peserta JKN-KIS yang mau mengurus administrasi bisa melalui kanal layanan ini,” tutur Harry Nurdiansyah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau, Selasa (26/01/2021).

“Pada layanan ini Peserta bisa mendapatkan layanan pendaftaran dan penambahan anggota keluarga, pengaktifan anak yang usianya lebih dari dua puluh satu tahun, pengaktifan virtual account yang kedaluwarsa, pindah jenis kepersertaan dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Pekerja Penerima Upah (PPU) di badan usaha ke segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, ubah data baik data diri maupun pindah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamanya dan juga update data keluarga baik ada yang meinggal atau pembaruan Kartu Keluarga (KK),” sambung Harry.

Layanan ini selain memudahkan Peserta JKN-KIS dalam pengurusan administrasinya juga bertujuan untuk meminimalisir kontak langsung agar menjaga dari paparan Covid-19. Selain itu, Peserat JKN-KIS juga tidak direpotkan dengan harus mengantri untuk mendapatkan layanan. Cukup akses dari genggaman Peserta JKN-KIS saja. terlebih layanan ini bisa diakses setiap hari kerja yaitu hari Senin sampai dengan Jumat pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB.

Salah satu peserta yang menikmati layanan ini yakni Eka Wahyuni. Ia menggunakan layanan PANDAWA ini untuk mengubah jenis kepesertaannya dari tanggungan orang tuanya di segmen PPU PNS menjadi segmen Pekerja Penerima Upah PNS sendiri sebab ia telah diterima sebagai CPNS.

“Sebenarnya lebih mudah menggunakan layanan ini dari pada datang ke kantor BPJS Kesehatan langsung. Kalau pakai layanan ini cukup lewah HP saja,” ujar Eka.

Hal ini di aminkan oleh peserta lain yakni Tri yang sama pengurusan rubah segmen seperti Eka yang diterima sebagai CPNS. “Layanan ini mempermudah pengurusannya. Lebih mudah karena tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan. Tapi karena ada salah pengisian format pada formulir pendaftaran jadi harus di ulang besok karena hari ini sudah lewat jam layanannya. Tapi untungnya bisa dilanjutkan chat-nya saja,” ungkap Tri.(rls/rdw)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top