Connect with us

Jaringan Telkomsel di Lubuklinggau Lumpuh, Dimungkinkan Akibat STO Telkomsel di Pekanbaru Terbakar

Foto nampak kantor Telkomsel di Pekanbaru Terbakar/foto internet

Lubuklinggau

Jaringan Telkomsel di Lubuklinggau Lumpuh, Dimungkinkan Akibat STO Telkomsel di Pekanbaru Terbakar

LUBUKLINGGAU,LK-Sinyal Telkomsel yang mengalami gangguan menjadi perbincangan warganet di Khususnya di Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (11/8/2020).

Sinyal atau jaringan Telkomsel khususnya di Lubuklinggau menjadi penyebab keributan di lini massa.

Jaringan Telkomsel tiba-tiba down dan masyarakat pengguna kartu Telkomsel tidak dapat menggunakan jaringan internet.

“Kenapa sinyal telkomsel tak bisa mengecek pulsa ya, tak bisa nelpon sinyal juga hilang,”kata Warga Kota Lubuklinggau Risma saat di conter Pulsa dijalan Kenanga II.
Untuk mengisi Pulsa bisa, namu Mengisi Paket tak bisa, bahkan jaringan sinyal di HP hilang.

Bahkan keluan tersebut juga menjadi heboh di WhatsApp, Facebook persoalan ini juga banyak dibahas.

Warganet juga terus membagikan sebuah video unggahan yang menyebutkan, jika penyebab sinyal telkomsel mengalami gangguan, diduga akibat dari gedung telkomsel di Pekabaru terbakar.

Dalam insiden itu, fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom ikut terdampak, mengakibatkan layanan Telkom dan Telkomsel mengalami gangguan.

Dilansir dari Liputan6.com wilayah Pekanbaru  Jaringan Telkomsel di Pekanbaru dan beberapa daerah lainnya di Riau tidak bisa diakses sejak Selasa siang, 11 Agustus 2020. Dugaan sementara, hal ini disebabkan Gedung Telkom dan Grapari Telkomsel di Jalan Hang Tuah, Pekanbaru, terbakar.

Di gedung beberapa lantai itu, tampak asap pekat membumbung ke udara. Jilatan api masih terlihat di beberapa lantai tempat operator Telkom, telkomsel serta provider internet lainnya beroperasi itu.

Untuk memadamkan api, Dinas Pemadam dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pekanbaru menurunkan delapan mobil pemadam. Hingga Selasa sore, pemadaman masih berlangsung.

Peristiwa ini tak hanya melumpuhkan jaringan seluler telepon. Internet perkantoran ataupun rumah yang berasal dari perusahaan milik negara itu tidak bisa diakses sama sekali.

Kepala Damkar dan BPBD Pekanbaru Burhan Gurning menjelaskan, api diduga berasal dari lantai dua gedung Telkom. Api diduga berasal dari percikan korsleting listrik di lantai itu.

“Kebetulan siang tadi lewat sini, sedang memegang HT. Lihat asap pekat langsung saya hubungi anggota karena jaringan telepon Telkomsel tidak bisa dipakai,” kata Burhan.

Burhan sudah berkomunikasi dengan pihak Telkom. Pihak perusahaan mengakui akibat kebakaran ini menyebabkan jaringan seluler dan internet di Pekanbaru lumpuh total.

“Gangguan ini kalau dari keterangan orang Telkom tadi, bisa satu minggu. Tapi kita berharap Telkomsel seger memperbaikinya,” kata Burhan.

Dikutip dari Kompas.com “Kejadian tersebut berdampak pada layanan panggilan suara dan SMS untuk sementara ini belum dapat digunakan, dan ada penurunan kualitas akses data di sejumlah wilayah di Sumatera,” jelas Denny Abidin, Vice President Corporate Communication Telkomsel, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas gangguan dan ketidaknyamanan yang terjadi,” ucap Denny.

Hilangnya layanan Telkomsel membuat beberapa warga setempat kebingungan. Hingga Selasa petang, jaringan Telkomsel dilaporkan masih belum bisa diakses. Hingga sampai ke Sumatera.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Sumber: Kompas.com dan Liputan6.com

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top