Connect with us

Jaga Ekosistem Sungai di Muratara, H. Devi Suhartoni Akan Tebar Bibit Ikan Balida dan Udang

Foto H. Devi Suhartoni

Lubuklinggau

Jaga Ekosistem Sungai di Muratara, H. Devi Suhartoni Akan Tebar Bibit Ikan Balida dan Udang

MURATARA,LK-Calon Bupati Kabupaten Muratara nomor urut 1 H. Devi Suhartoni menghabiskan waktu di akhir pekan dengan mengunjungi sungai yang ada di Kabupaten Muratara, Minggu (15/11/2020).

Dia mengajak Masyarakat Kabupaten untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan serta biota sungai.

Dia juga mengingatkan seluruh masyarakat supaya tidak mencari atau menangkap ikan dengan meracun atau setrum. Karena menurutnya hal itu bisa mengakibatkan kerusakan ekosistem air.

Mencari ikan dengan meracun atau setrum, selain merusak biota air ataupun populasi ikan, juga berbahaya bagi manusia dan bisa mengakibatkan hilangnya ikan di perairan.

Dirinya juga menyarankan, alangkah lebih baiknya bila nelayan mencari ikan dengan cara tradisional seperti menjala atau memancing.

“Kepada Masyarakat Kabupaten Muratara, lihat sungai di Muratara saat ini sangat cantik dan banyak ikan,”kata H. Devi Suhartoni dalam Siarang langsung di Akun Facebook pribadinya.

Dijelaskan ka, sungai adalah tempat kehidupan Masyarakat Kabupaten Muratara dari leluhur dan turun menurun.

Nanti setelah terpilih sebagai Bupati, sungai ini akan ia jaga, agar rakyat Muratara banyak makan ikan dan banyak mendapat ikan, ini sangat penting.

Maka dari itu, seluruh masyarakat Kabupaten Muratara, mari bersama-sama menjaga lingkungan hidup, jaga sungai bukan sekedar untuk saat ini saja dan ini untuk anak cucung  kedepan.

“Kalau disungai banyak ikan seluang, banyak ikan tapa, banyak sekarat dan banyak udang,”ujarnya.

Kemudia nanti jika dirinya menjadi Bupati, ia akan menebar bibit ikan belida dan bibit udang untuk dilepaskan ke Sungai di Muratara dan itu bertujuan untuk menjaga kelestarian sungai Kabupaten Muratara.

Selain itu untuk oknum-oknum yang suka nyetrum ikan, ketika ia menjadi bupati tak akan ditangkap lagi, nanti dirinya akan membuat rakit dan diberikan uang untuk mereka bisa menjaga ekosistem biota sungai.

“Karena nanti anak-anak mereka juga sekolah gratis, berobat gratis,”terangnya.

Dan sambungnya, apabila mereka masih nyentrum ikan, maka dia siap-siap menerima konsekuensinya.

Devi menghimbau kepada oknum-oknum yang suka nyetrum ikan, agar stop menyentrum ikan, kasian melihat ekosistem sungai, jagalah sungai untuk anak cucung kedepan.

“Saya bernjanji jika terpilih akan bekerja dengan baik dan benar,”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top