Connect with us

Ini Keuntungan Pengusaha Menyertifikasi Halal Produknya 

Foto ilustrasi

Lubuklinggau

Ini Keuntungan Pengusaha Menyertifikasi Halal Produknya 

LUBUKLINGGAU,LK-Majelis Ulama Islam (MUI) Kota Lubuklinggau, mengungkap keuntungan produsen melakukan sertifikasi halal produk dagangannya.

“Yang pertama keuntungannya bagi produsen yakni Kekuatan daya saing,”kata Sekretaris MUI Kota Lubuklinggau Ust. M. Edi Prayitno kepada wartawan, Kamis (2/12/2021).

Kedua Kata Edi, dapat meningkatkan kepercayaan atas produk yang didagangkan oleh prodesen, karena ini sudah menjadi tuntutan pasar, baik itu diluar maupun didalam Negeri.

Selain itu jelas dia, dengan adanya pebel sertifikat halal, produsen sudah memenuhi aturan yang tertera dalam Undang-undang (UU), sebagaimana tertiuang pada UU nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal.

Edi juga menjelaskan, siapa saja pendaftar sertifikat halal, menurut Edi perdaftar sertifikat halal itu sendiri yakni industri pengelolaan, pemilik Rumah Makan atau restoran, Catering dan dapur.

“Rumah potong dan Perusahaan jasa juga manjadi pendaftar sertifikat Halal,”ujarnya.

Jadi sambung dia, semua rumah makan boleh mengajukan Permohonan Sertifikasi Halal, dan melengkapi semua berkas administrasinya ke Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Dan jika semua berkas sudah dinyatakan lengkap oleh BPJBH dan LPPOM MUI,

maka akan dilakukan audit tempat yang mengajukan permohonan tersebut oleh auditor LPPOM MUI Provinsi Sumsel.

“Hasil Audit akan di Sidang Fatwa kan oleh MUI,”ujarnya.

Selajutnya sambung Edi, Jika dalam sidang fatwa tersebut dinyatakan bahwa semua prosesnya sesuai dengan kriteria halal, maka akan dikeluarkan fatwa halal.

Begitu sebaliknya, dan jika tidak maka tidak dikeluarkan fatwa halal dan tidak keluar sertifikat halalnya.

Edi menyebut, dalam waktu segera muncul program sertifikat halal  MUI Kota Lubuklinggau gratis, tetapi ini hanya khusus usaha kecil dan menengah (UKM). Dan dengan persyarat yang perlu dilengkapi yakni, Nama Usaha, nama Pemilik Usaha, email aktif, izin usaha, KTP pemiliki, KK Pemiliki dan nomor HP pemilik usaha.

“Bagi yang berminat dapat menghubungi Seketariat MUI Kota Lubuklinggau,”tuntupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top