Connect with us

Ini Dua Skenario Kemenag Lubuklinggau Jika Ibadah Haji 2020 Batal Berangkat

Foto ilustrasi/Sumber Internet

Lubuklinggau

Ini Dua Skenario Kemenag Lubuklinggau Jika Ibadah Haji 2020 Batal Berangkat

LUBUKLINGGAU,LK-Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau, H Azhari Rahard mengatakan, hingga saat ini belum ada kepastian atau pemberitahuan lebih lanjut terkait pembatalan atau pembatasan ibadah haji tahun 2020.

“Tapi, kita berharap akhir bulan ini (April) atau paling lambat awal bulan depan (Mei) itu sudah ada kepastian. Kalau kita lihat shalat tarawih di Madinah dan Mekkah itu sudah dibuka oleh Raja Salman, saya punya keyakinan Haji itu insha Allah berjalan,” ungkapnya H Azhari kepada wartawan, Senin (27/4/2020).

Untuk pasti berangkat atau tidak, lanjutnya, Kemenag pusat ada dua skenario yang diambil. Pertama, sama-sama berdoa agar Haji tahun ini harus berangkat. Kedua, kalaupun keputusan terjelek tidak berangkat, seluruh uang yang telah disetor, bagi jamaah yang ingin mengambil akan dikembalikan.

Jumlah Peserta Haji 2020 untuk Kota Lubuklinggau kurang lebih 215 jamaah dan sekitar 30 jamaah yang belum melunasi biaya haji.

Untuk manasik Haji, ia menjelaskan sudah diterapkan secara online dan disebarkan ke Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) untuk menyampaikan kepada para jamaah.

“Jadi panduannya sudah kita sebar melalui KBIH,” ujarnya.

Azhari menambahkan untuk pendaftaran Haji tahun ini tidak ada kendala atau masih lancar terkait virus corona (covid-19).

“Kalau masalah pendaftaran lancar-lancar saja, yang ada permasalahan itu karena keterkaitan kepastian pemberangkatan tahun ini,” pungkasnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top