Connect with us

Imbas Corona, Pembeli Kambing Kurban Turun Drastis Hingga 50 Persen

Foto Asri peternak kambing saat memberi makan kambing peliharaanya dengan rumput

Lubuklinggau

Imbas Corona, Pembeli Kambing Kurban Turun Drastis Hingga 50 Persen

LUBUKLINGGAU,LK-Akibat dampak pandemi Covid-19 ternyata juga dirasakan oleh pedagang hewan menjelang hari raya Idul Adha.

Akibat pandemi Covid-19 yang belum berakhir, ini berpengaruh terhadap penjualan hewan kurban tahun ini. Bahkan tingkat penjualan turun drastis hingga mencapai 50 persen jika dibandingkan tahun lalu.

“Penjualan kambing tahun ini diperkirakan menurun 50 persen dari tahun sebelumnya,”Kata Asri Pedagang dan juga peternak kambing yang beralamat di Kelurahan Tanah Periuk, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I kepada Linggauklik.com, Kamis (3/7/2020).

Ia mengungkapkan , dimana biasanya satu bulan menjelang hari raya kurban biasanya 50 ekor sudah dipesan, namun saat ini baru 10 ekor dipesan orang.

Dijelaskan ia, biasanya orang yang banyak memesan kambing kurban itu berasal dari Daerah Kabupaten Muratara, Kecamatan Tugulmulyo Kabupaten Musirawas dan juga kota Lubuklinggau.

“Kemungkinan orang sedikit membeli itu kemungkinan faktor ekonomi karena pandemi Covid-19, jadinya harga karet, sawit turun,”ungkapnya.

Menurut ia, harga kambing ditempatnya itu bervariasi, harganya mulai Rp2 juta sampai Rp3,5 juta dan yang paling besar harganya itu untuk jenis kambing etawa, harganya bisa mencapai Rp4 juta.

Harga tersebut, merupakan harga standar, namun karena dimasa pandemi terkadang ada yang menawar. Kambing-kambing miliknya sebagian ada yang hasil dari ternak sendiri dan ada juga sebagian yang dikirm dari Lampung.

“Diperkirakan dari tahun-tahun sebelumnya pembeli kurang dari satu minggu meledak, dan tahun ini apakah pemebeli meledak karena pandemi corona,”ujarnya.

Untuk makannya sendiri, ia terkadang dari tanaman rumput yang ia tanam, terkadang nyari dikebu.

Untuk kambing yang Paling banyak dipesan itu biasanya kambing blasteran Etawa, atau jawarandu, kambing ini diminati karena Postur tubunya besar, gagah, dan dagingnya lumayan.

Biasanya kambing ini  harga titip bisa Rp3,5 juta, dan kalau dibawa langsung bisa Rp3,2 juta.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top