Connect with us

Hingga November 2018, KPAID Linggau Terima 18 Kasus Anak

Lubuklinggau

Hingga November 2018, KPAID Linggau Terima 18 Kasus Anak

LUBUKLINGGAU,LK-Di tahun 2018 Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Lubuklinggau menerima laporan kasus yang terjadi pada anak sedikitnya 18 kasus.

“18 kasus tersebut terdiri hak asu anak, kekerasan terhadap anak, pencurian dan perbuatan cabul,”kata katua KPAID Kota Lubuklinggau Redilansah, Jumat (30/11/2018).

Dijelaskan Redi, untuk kasus cabul sendiri ada dua kasus yang dilaporkan oleh orang tua, anak melakukan perbuatan cabul diakibatkan melihat konten porno melalui internet.

Sehingga dari menonton, mereka mencoba untuk bermain-main, hinga akhirnya mereka mencoba dan berlebihan, akibat ada orang tua yang mengetahui anaknya menjadi korban cabul, melaporkan kejadian ke KPAID.

“Orang tua datang melapor, lalu antara kedua keluarga dan juga RT setempat dikumpulkan untuk musyawarah,”ujarnya.

Dilanjutkan Redi untuk kasus hak asu sendiri kebanyak akibat cekcok orang tua yang mengakibatkan penceraian, sehingga kedua berebut hak asu anak, dan apabila anak teraebut masih dibawah usia dua tahun, untuk hak asunya diserakan kepada Ibu, sebab anak tersebut masih sedang dalam menyusui.

“Namun untuk yang berhak memutuskan hak itu dari Pengadilan Agama,”ujarnya.

Ia berharap agar para orang tua, harus memberikan pengawasan yang optimal dalam memperhatikan aktifitas anak, sebab dari pendidikan awal tentunya anak melihat contoh sekitar mereka. Orang tua lah yang harus  memberikan contoh,  jangan sampai anak menjadi ikut-ikutan sikap dari orang tuanya sendiri.

Memang  diungkapkan Redi saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dengan keberadaan KPAID untuk meminta pendapingan, sebab itu agar dikenal oleh masyarakat, pihaknya melakukan sosialisasi.

“Kita mensosialisasikan ke kelurahan, agar KPAID diketahui, dan bagi masyarakat yang butuh pendampingan jangan takut datang ke KPAID,”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2018

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top