Connect with us

Heboh Buah Anggur Asal China Berformalin, BPOM Lingggau: Hasil Uji Negatif

Lubuklinggau

Heboh Buah Anggur Asal China Berformalin, BPOM Lingggau: Hasil Uji Negatif

LUBUKLINGGAU,LK-Kepala BPOM Afdil Kurnia Kota Lubuklinggau menyampaikan hasil uji sampel anggur yang dikirim ke lab BPOM, Dari hasil pengujian tersebut, tidak ada ditemukan kandungan zat formalin di buah anggur produk impor dari China.

“Jadi sidak pasar itu kantor BPOM tidak turut serta, kami tidak ikut kami dapat telpon habis sidak itu mereka mendapatkan hasil uji positif,”kata Kepala BPOM Kota Lubuklinggau Afdil Kurnia, Rabu (11/9/2019) saat dihubungi.

Lanjut ia kemudian mereka meminta tolong ke BPOM untuk uji ulang jadi sudah turunkan tim ke dinas ketahanan pangan untuk melakukan uji ulang tehadap anggur tersebut. Kebetulan pihaknya bisa melakukan uji formalin karena untuk pestisida kehabisan stok alat uji.

Jadi Sambungnya, untuk hasil uji formalin dar BPOM hasilnya negatif tidak mengandung formalin
dan itu sudah di sampaikan ke Dinas  Ketahanan Pangan.

“Dan kami yakin itulah hasilnya,”tegasnya

Nah lanjutanya, silakan nanti dinas ketahanan Pangan mengambil keputusan karena yang sidak Dinas Ketahanan Pangan.

Dijelaskan Apdil, jika Untuk anggur atau prodak-prodak bahan alam lainnya apakah itu buah, sayur maka untuk uji formalin harus hati-hati, karena tumbuhan sendiri mengandung formadehit, itu sebenarnya diuji formadehitnya.

Kalaupun ada positif terangnya, kemungkinan positif palsu, nah jadi harus hati-hari dengan alat tes, mereka tidak tahu menguggunakan alat uji apa, karena dari uji BPOM negatif.

Kemudian uji pestisida kalaupun hasil ujinya positif, karena ini buah buahan kemungkinan pemakaian pestisida bisa saja terjadi pada saat penanaman Dan itu tidak dilarang pada penggunaan tanaman.

Tetapi tegasnya, ada ambang batas yang perlu ditaati abang batas pestisida yang digunakan untuk tanaman.

“Berapa hasil yang diperoleh mereka mengidentifikasi saja dan belum sampe ke kadar,”tegasnya.

Kalau mereka mempermasalahkan masalah pestisidanya silakan, silakan lakukan uji rujuk ke balai POM palembang untuk melihat kadar pestisida anggur tersebut, apakah melewati abang batas atau tidak

Dan berkembang lagi di Media Masa anggur berformalin dibiarkan beredar, tolong diklarifikasi karena tidak mungkin negara membiarkan itu beredar.

“Dan hasil uji formalinya juga negative dan tolong diklarifikasi lagi dan hari ni kami diundang lagi oleh dinas ketahan pangan untuk rapat bersama dinas kesahatan dan disperindag,”ungkapnya

Dan setelah di uji ulang hasilnya sama, dan BPOM meminta tolong untuk di klarifikasi lagi ke wartawan karena beritanya heboh.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top