Connect with us

Harga Karet Rp 5 Ribu, Petani Karet di Linggau Rasanya Ingin Menangis

Foto kedua petani karet saat menunjukan karet hasil panennya

Lubuklinggau

Harga Karet Rp 5 Ribu, Petani Karet di Linggau Rasanya Ingin Menangis

LUBUKLINGGAU,LK-Sejak satu bulan terakhir membuat petani karet di Kota Lubuklinggau, mengeluhkan harga karet yang terus turun.

Jali yang merupakan petani Karet asal Kota Lubuklinggau mengaku dengan harga karet yang saat ini seharga Rp 5.000 sungguh sangat penceklik.

“Kita bukan lagi menjerit tetapi ingin menangis, bayangkan saja harga karet lebih murah dari harga beras,”kata ia saat ditemui wartawan, Kamis (27/2/2020).

Ia mengungkapkan, tidak jadi masalah kalau harga karet itu murah, tetapi bahan pokok juga harus murah. Sebab untuk mencukupi kebutuhan keluarga sangat sulit.

Memang sih sambungnya, dulu Pemerintah perna menaikan harga karet, tetapi itu hanya sebentar setelah itu harga karet turun kembali.

“Ya katanya harga karet turun akibat isu virus corona, tapi saya bingung apa hubungannya, orang diluar yang terkena virus corona tetapi kami disini kena dampaknya,”ujarnya.

Sementara ditambah Jumadi warga Kelurahan Petanang Kecamatan Lubuklinggau Utara I ini mengaku sangat tercekik dengan harga karet yang murah, bagaiman bisa mencukupi kebutuhan keluarga.

“Kita sehari itu palingan kalau menyadap karet paling 10 kilogram seharinya, ditambah lagi kami menyadap karet orang kan hasilnya bagi dua,”keluh Jumadi yang mengaku tidak memiliki kebun karet.

Nah kalau dibagi dua sambungnya, ya berapa lagi uang yang didapat, ditambah lagi dirumah harus membeli bahan pokok, ongkos anak sekolah, apakah cukup uang itu.

Tentu harga karet yang turun seperti ini, terpaksa ia harus mengumpulkan karet-karet tersebut selama satu pekan, setelah itu baru ia jual.

“Tolong la kepada pemerintah pikirkan kami rakyat miskin, DPR RI tolong kami mana janji mu untuk memikirkan kami”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

1 Comment

1 Comment

  1. Anonim

    28 Februari 2020 at 22:35

    Itu sangat2 benar, karena saya sebagai warga leban jaya juga dekat dengan llg, kalau karet harganya segitu bisa2 enggk makan.

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top