Connect with us

Haji Batal, Kemanag Lubuklinggau Besok Rapat Pastikan Apakah Jemaah Berangkat Tahun Depan

Foto ilustrasi/Sumber Internet

Lubuklinggau

Haji Batal, Kemanag Lubuklinggau Besok Rapat Pastikan Apakah Jemaah Berangkat Tahun Depan

LUBUKLINGGAU,LK-Menteri Agama Fachrul Razie mengumumkan keputusan dalam penyelenggaraan haji di tahun 1441 H atau 2020 Masehi. Menurut dia, pemerintah memutuskan untuk membatakalkan pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi.

“Keputusan ini diambil dikarenakan Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun, akibatnya pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan Jemaat,” kata Menag Fahchrul Razie dalam jumpa persnya, Selasa (2/6/2020).

“Berdasarkan pernyataan tersebut pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji pada tahun 2020 atau tahun 1441 Hijriah,” tegas Menag Fachrul.

Dia menambahkan, keputusan pembatakan ini sudah dipikirkan dan dipertimbangkan sebaik-baiknya dan telah dituangkan dalam surat keputusan menteri.

“Keputusan ini saya sampaikan melalui keputusan Menteri Agama Republik Indonesia tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji pada pembatalan ibadah haji tahun 1441 Hijriah atau tahun 2020 masehi,” Menag menandasi.

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau, H Azhari Rahard saat dikonfrimasi ia mebenarkan jika keberangkatan haji untuk tahun 2020 batal berangkat.

“Keputusan tersebut merupakan keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 494 tahun 2020 tentang tetang pembatalan keberangkatan jamaah haji,”kata H. A-zhari Rahard kepada Linggauklik.com, Selasa (2/6/2020).

Untuk masalah apakah Jamaah haji yang batal berangkat apakah akan diberangkatkan pada tahun 2021 nanti atau seluruh uang yang telah disetor, bagi jamaah yang ingin mengambil apakah akan dikembalikan, ia mengatakan jika ia besok Rabu (3/6/2020) akan merapatkan itu dengan kanwil Kemenag Sumsel.

“Nanti besok itu akan kita rapatkan, jadi besok keterangan yang lebih jelas akan kita sampaikan,”ungkapnya

Ia pun mengungkapkan, Jumlah Peserta Haji 2020 untuk Kota Lubuklinggau kurang lebih 215 jamaah.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top