Connect with us

Ganjil Genap di Lubuklinggau Mulai Diterapkan, Ada 4 Titik Penyekatan

Foto petugas Kepolisian saat sedang melakukan pengawasan bagi pelat kendaraan berpelat ganjil dan genap

Lubuklinggau

Ganjil Genap di Lubuklinggau Mulai Diterapkan, Ada 4 Titik Penyekatan

LUBUKLINGGAU,LK-Saat ini di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV di Kota Lubuklinggau, Kota Lubuklinggau mulai hari ini, Kamis (29/7/2021) mulai memberlakukan sistem ganjil genap.

“Pelaksanaan ganjil genap mulai hari ini, ini adalah hari pertama, tentunya kedepan akan kita laksanakan,”kata Kapolres AKBP Nuryono kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Kapolres menuturkan, jika pelaksanaan ganjil genap ini rencananya akan dilaksanakn sampai PPKM level IV di Kota Lubuklinggau berkahir. Namun kedepan akan dipantau bagaimana situasi pandemi di Kota Lubuklinggau.

“Bila nanti bisa menurunkan, tentunya kita mengikuti instruksi pemerintah sampai dengan kapan level 4 dilaksanakan, ya kalau memang diperpanjang tentunya akan kita tindaki lebih lanjut lagi,”ujar Kapolres.

Penerapan ganjil genap ini diberlakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat di luar rumah yang wilayahnya saat ini berstatus zona merah atau resiko tinggi sebaran Covid-19.

“Tujuan genap ganjil sendiri untuk membatasi mobilitas masyarakat, dan bukan meniadakan mobilitas, karena dalam intruksi Mendagri mengenai PPKM Level 4, kita diperintah untuk melakukan penyekatan didalam Kota,”kata Kapolres Lubuklinggau AKBP.Nuryono kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).

Dia menjelaskan, tentunya kalau mobilitas masyarakat saat berkurang, tentunya ini dapat membatasi terjadinya kerumunan, sehingga dapat mengurangi orang yang terpapar akibat Covid-19.

Kapolres menyebut, penerapan ganjil genap ini diberlakukan pada kendaaraan roda empat (Mobil) sementara untuk roda dua (Sepeda Motor) bisa melakukan aktivitas.

Nanti sambung dia, daerah jalan atau jalur yang akan diterapkan ganjil genap, untuk titik pemberlakuan itu ada empat titik, pertama itu Simpang Lampu Merah Bandara, Simpang Lampu merah RCA, di depan Masjid Agung, dan disimpang Watas Kota Lubuklinggau.

Kapolres menyebut, yang dimaksud dengan ganjil genap, itu misalkan hari ini adalah tanggal genap, maka, kendaraan yang boleh masuk itu pelat kendaraan yang dengan nomor pelat kendaraan genap.

“Pelat kendaraan itu kita lihat dari angka terakhir, penerapannya nanti dari pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore,”ujarnya.

Dalam hal ini kata Kapolres, dari hasil penerapan pertama ganjil genap, masih ada pengendara yang bingung, namun tetap diarahkan.

“Meskipun begitu lenerapan ganjil genap dihari pertama ini, berjalan dengan lancar,”tandasnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top