Connect with us

Dua Hari Tak Diangkut, Sampah di Jalan Yos Sudarso Linggau Menumpuk

Foto nampak sampah menumpuk di seputaran Jalan Yos Sudarso Kota Lubuklinggau

Lubuklinggau

Dua Hari Tak Diangkut, Sampah di Jalan Yos Sudarso Linggau Menumpuk

LUBUKLINGGAU,LK-Akibat tak diangkut selama dua hari membuat sampah-sampah di Jalan Yos Sudarso Kota Lubuklinggau menumpuk.

Seperti dilihat dilapangan nampak sampah tersebut menumpuk disisi-sisi jalan yang selama ini selalu digunakan masyarakat untuk meletakkan sampah dipinggir jalan.

Sampah-sampah tersebut ada yang dimasukkan dalam karung berukuran besar berwarna putih maupun plastik sampah berwarna hitam dalam kondisi menumpuk.

Alhasil karena musim hujan, sampah yang berada di dalamnya pun turut menyeruak keluar. Sampah ini terdiri dari berbagai macam jenis mulai dari plastik, kardus, kertas, dan buah-buahan.

Salah satu warga Sandi mengatakan, sampah tersebut sudah dua hari tak diangkut, biasanya petugas pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup mengangkutnya setiap hagi.

“Biasanya jadwal pengangkutan pagi dan sore, tapi sejak kemarin masih belum juga diangkut, padahal warga membuang sampah terus,” ungkapnya pada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Ia pun mengaku risih dengan bau dan tumpukan sampah tersebut. Namun warga juga tak bisa berbuat banyak lantaran hanya bisa berharap sampah cepat diangkut DLH.

Harapannya cepat diangkut, sebab lama-lama menumpuk tambah bauk, sekarang musim hujan lagi.

Jul warga lainnya yang terlihat membuang sampah ditempat tersebut mengaku sudah biasa membuang sampah ditempat tersebut karena tidak ada tempat sampah pembuangan lainnya.

“Kami taunya hanya buang disini, karena tidak ada pembuangan lainnya, biasanya setiap pagi diangkut jarang numpuk, sekarang semakin numpuk,” ujarnya.

Sementara Kepala DLH Kota Lubuklinggau, Subandio Amin melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan RTH, Rully Wijaya membenarkan sampah sempat tidak diangkut karena kendala teknis dilapangan.

“Kendalanya karena mobil kita tidak punya bahan bakar akhirnya tidak bisa bergerak melakukan penganggukatan,” ungkapnya.

Selama ini DLH Lubuklinggau melakukan kerjasama dengan SPBU Marga Mulya dalam pengisian bahan bakar, namun kemarin alasan dari pihak SPBU ada keterlambatan.

“Kemarin bahan bakar solar telat masuk, masuknya pun siang sekira pukul 13.00 WIB, sehingga mobil kita tidak bisa bergerak dan tidak bisa melakukan pengangkutan,” ungkapnya.

Ia pun mengakui akibat keterlambatan tersebut sampah-sampah disepanjang jalan Kota Lubuklinggau sempat tidak bisa terangkut, namun saat ini sudah diangkut kembali.

“Sejak kemarin saya sudah tugaskan petugas kita melakukan pengangkutan sampai selesai, bahkan, sampai malam, karena bila ada keterlambatan lagi pasti akan numpuk lagi,” ujarnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top