Connect with us

DPRD Kritisi Tim Satgas, Wansari: Pemerintah Kota Adalah Pencitraan, Mungkin Ada Benarnya

Foto keluarga Pasien Covid-19 saat sedang memakamkan jenazah Covid-19 tanpa protokol.kesehatan

Lubuklinggau

DPRD Kritisi Tim Satgas, Wansari: Pemerintah Kota Adalah Pencitraan, Mungkin Ada Benarnya

LUBUKLINGGAU,LK-Pihak keluarga dan sejumlah warga mengambil alih pemakaman jenazah pasien Covid-19 berinisial FM (65) warga Kelurahan Bandung Ujung, Kecamatan Lubuklinggau Barat Kota Lubuklinggau, Senin (23/8/2021) sekitar pukul 20.00 WIB.

Pemakaman pasien positif itu dilakukan tanpa menggunakan protokol Covid-19, lantas petugas Gugus tugas hingga larus malam belum juga datang.

Sementara menanggapi itu, Anggota DPRD Kota Lubuklinggau Wansari mempertanyakan kinerja Satgas Covid-19.

“Saya selaku Anggota DPRD mempertanyakan kinerja satgas Covid-19 kota Lubuklinggau khusus nya bagian Pemakaman,”kata Wansari kepada wartawan, Selasa (24/8/2021).

Dijelaskan dia, ada warga masyarakat meninggal di Salah satu Rumah Sakit Swasta di kota Lubuklinggau dan di vonis Terpapar Covid dan Harus dimakamkan secara Protokol Covid.

Sementara terang dia, pihak keluaga setuju dan menanda tangani surat Bermaterai di Rumah Sakit. Namun yang terjadi setelah menunggu hampir tiga jam belum ada konfirmasi kesiapan petugas pemakaman secara protokol Covid.

“Setelah jam 8 malam baru di kuburkan  secara “semi protokol karena dilakukan oleh keluarga dan tetangga serta disiapkan APD dari RUmah Sakit,”ujarnya.

Wansari menyatakan kekecewaan kepada Pemerintah Kota lubuklinggau terhadap keadaan ini, sangat kontradiksi dengan apa yg dilakukan bapak walikota dan jajarannya.

Terutama di Media Sosial. Jadi ketika banyak masyarakat yang berperdapat bahwa semua yang dilakukan oleh Pemerintah Kota adalah pencitraan, mungkin ada benarnya.

“Saya juga akan meminta  kepada pimpinan DDRD untuk memanggil  SatGas Covid-19 Kota lubuklinggau serta mengusulkan membuat Pansus,”ujarnya.

Dia atas Nama DPRD Kota Lubuklinggau, berharap ini jangan sampai terjadi lagi karena dikhawatirkan akan terjadi Kluster baru penyebaran covid-19.

Sebelumnya Seorang laki-laki Keluarga almarhum jenazah Covid-19, sempat merekam prosesi pemakaman Jenazah, dalam video berdurasi 120 Detik itu, keluarga
menyampaikan keluh kesahnya mengenai Satgas Covid-19 yang diduga tak mengurus jenazah keluarganya.

“Ya inilah prosesi pemakaman, yang sebenarnya kami dari pihak keluarga sudah setuju pemakaman secara covid,”ujar pria dalam video tersebut.

“Tapi ternyata dilapangan petugas dari gugus tugas Covid-19 tidak siap, akhirnya proses pemakaman ini secara kekeluargaan,”jelas dia.

“Semoga ini bisa menjadi pelajaran satuan gugus tugas Covid-19 untuk kedepannya bisa lebih baik lagi,”

“Karena ini yang terjadi , alhamdulillah Masyarakat Kelurahan Bandung Ujung, antusias dalam pemakaman ini,”

“Itu saja, mungkin ini bisa menjadi pelajaran, semoga kededannya satuan gugus tugas Covid-19 bisa lebih siap lagi,”keluah keluarga dalam video tersebut

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau Cikwi Saat dikonfirmasi mengenai permsalahan ini, Kadinkes melepampar kalau soal pemakaman jenazah adalah urusan dari pihak Dinas Perkim Kota Lubuklinggau.

“Urusan pemakaman, koordinasi dengan dinas perkim, Coba tanya perkim yaa,”ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perkim Kota Lubuklinggau Trisko, saat dikonfirmasi dia menyebut kalau dirinya saat ini sedang dinas luar, dan belum mengetahui jelas informasi tersebut.

“Saya masih DL di Palembang, belum mendapat laporan dari Kasubbdi Pemakaman, kalau terkait penakaman Covid 19,”jelas Trisko saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp.

Menurut dia, satga covid 19 itu gabungan, ada daro Perkim, Pol PP, Dinkes, Rumah Sakit,  Damkar ada di dalamnya, mohon maaf sebaiknya konfirmasi  secara menyeluruh Karno semua adalah bagian dari Tim.

“Tolong konfirmasi,  lagi Ado peran dan tugas masing2. Kalu sisi kami, kami merespon dari aspek Tusi kami,”terangnyam

Dijelaskan dia, Pertama menyiapkan makam pemerintah khusus Covid 19 di TPU Lestari, penggalian dan penutupan makam. Untuk APD, Pemulasaraan Jenazah, Petugas Pemakaman Petugas Penyemprotan ada petugas dari unsur-unsur OPD.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top