Connect with us

Di PHK, Karyawan Akan Dapat Jaminan

Lubuklinggau

Di PHK, Karyawan Akan Dapat Jaminan

*Masih Tahap Sosialisasi

MUSI RAWAS LK-Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia bekerjasama BPJS Ketenagakerjaan, saat ini mensosialisasikan Jaminan Kehilangan Kerja (JKK), Putus Hubungan Kerja (PHK).

Sama halnya dengan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Hal tersebut dibenarkan, Kepala Disnakertrans Kabupaten Mura, Mefta Jhoni melalui Kabid Hubungan Industrial Syaker dan Jamsos, Hj Yessi Ekamalasari didampingi Kasi Persyaratan Kerja dan Jamsos, Linda Mardalena, saat dimintai keterangan, Rabu (10/11/2021).

“Saat ini, JKK masih disosialisasikan, pastinya kembali lagi dengan pemerintah pusat, kami hanya mengikuti keputusan pemerintah pusat,” kata Yessi didampingi Linda.

Ia menjelaskan, namun tetap, nantinya perusahaan yang akan menerapkan JKK, juga menerapkan JHT, JKK, JKM dan JKP, sesuai mengacu Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

“Jadi, apabila ada tenaga kerja yang kena PHK, maka akan mendapatkan JKK, namun kembali lagi, saat ini masih dalam tahap sosialisasi,” jelas wanita ini.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, JKK ini akan diterapkan seluruh perusahaan makro (Besar), kecuali Buruh Harian Lepas (BHL).
Diketahui, di Kabupaten Mura ini ada 35 perusahaan makro (Besar), 13 perusahaan sedang dan 33 perusahaan kecil.

“Namun, ditegaskan, bantuan JKK ini bukan berupa uang, hanya bersifat pelatihan dan apabila ada perusahaan membutuhkan karyawan langsung direkomendasikan,” ucapnya.

Wanita ini berharap, semoga saja JKK ini bisa langsung bisa segera dilaksanakan, setidaknya bisa membantu para karyawan yang di PHK akibat dampak pandemi Covid 19.

“Karena, sejauh ini ada empat karyawan perusahaan yang melapor diantaranya, PT PHML, PT Lonsum Gunung Bais Estate, PT Agro Kati Lama dan PT Q Trans, itu yang melapor ke kita,” tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top