Connect with us

CEK Fakta: Video Gubernur Sumsel Sepakati Sholat Id Tahun Ini Dirumah Ternyata HOAK!

Foto Video Gubernur Herman Deru saat diwawancarai media pada tahun 2020 mengenai larangan mudik dan sholat Id dirumah

Lubuklinggau

CEK Fakta: Video Gubernur Sumsel Sepakati Sholat Id Tahun Ini Dirumah Ternyata HOAK!

LUBUKLKNGGAU,LK-Beredar video Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru, menghimbau kepada Masyarakat agar melaksanakan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah dirumah saja.

Selain itu dari isi video berdurasi 1 menit 24 detik itu, Gebenur mengatakan kalau hasil rapat Forkopimda dan tokoh agama di Polda Sumsel, terdapat dua kesepakatan diantaranya tentang larangan mudik dan sholat Idul Fitri dilaksanakan dirumah.

Ternyata setelah ditelusuri oleh Linggauklik.com, ternyata video tersebut merupakan video lama, yakni video pada Bulan Ramadan 1441 tahun 2020 kemarin.

Hal tersebut juga dikatakan oleh Satgas Covid-19 Sumsel, Yusri, saat dikonfirmasi Linggauklik.com. Yusri menegaskan kalau video tersebut Hoak dan itu video lama.

“Saat ini belum ada info terbaru mengenai Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah, rasanya belum ada pak Gubernur Sumsel rapat bersama forkopimda sejak masuk puasa ini,”kata Yusri kepada Linggauklik.com, Minggu (18/4/2021).

“Itu jelas hoak, dan itu video tahun lalu,”ujarnya

Ini isi Rilies Video Gubernur Sumsel Yang dirilies pada tahun 2020 yang viral di media sosial:

Yang dihasilkan dari rapat yang diinisiasi forkopimda ini di Polda Sumsel , ada dua hal, kita menemukan dua kesepakatan,”kata H. Herman Deru

“Ini bukan dasar perintah ini dan perintah itu, ini hasil kesepakatan semua unsur keagamaan, khususnya organisasi yang dibawa naungan Islam dan muslim

Bahwa sepakat untuk melaksanakan Sholat Idul dirumah dan yang kedua, bahwa bagi kita sendiri tidak melaksanakan mudik, warga sumsel yang diperantauan jangan dulu mudik, kirim bae duitnyo, kalau ado,”

Untuk dulur-dulur didusun dak usa badannyo, kirim sajo fotonyo, tapi kalau nak bantu dolor-dolor kirim bae dusun-dusun,”.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top