Connect with us

Bulog Pastikan Stok Beras di Lubuklinggau Aman Hingga Akhir Tahun

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Lubuklinggau Vinaldo

Lubuklinggau

Bulog Pastikan Stok Beras di Lubuklinggau Aman Hingga Akhir Tahun

LUBUKLINGGAU,LK-Bulog Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), memastikan ketersediaan stok beras saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu hingga akhir tahun.

“Untuk wilayah Khususnya Kota Lubuklinggau, lebih dari cukup untuk pengelolaan stok,”kata Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Lubuklinggau Vinaldo kepada Linggauklik, Jumat (21/11/2019).

Dan untuk pontensi penanganan dan antisipasi kerawanan pangan, stok beras di  tahun baru dan menjelang natal Bolog  Kantor Cabang Pembantu (KCP) di wilayah Kota Lubuklinggau mencukupi.

Ia mengunkapkan jika Stok saat  berjumlah 1.400 ton beras dan itu sudah bisa sampai tahun baru.

Menurut ia, Kalau untuk pemantauan sendiri, tidak hanya harus pada momen-moment  tertentu seperti natal dan tahun baru saja akan dilakukan pengecekakan.

Tetapi pihaknya secara rutin melakukan pengecekan di setiap bulannya dan hasilnya lalu akan dilaporkan ke pusat.

“Jadi kita ada aplikasi sendiri untuk memantau kira-kira kisarannya seperti apa, nanti kita juga koordinasikan dengan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai badan yang mengelola data dan  independent dan mereka mempunyai acuan sendiri, disitulah kita harus berkoordinasi dengan mereka,”ujar ia.

Jadi lanjutnya, kira-kita potensi apa yang haru di antisipasi. Kira-kira dengan harga yang sekarang, misalnya, ada yang sedang panen tapi ia harus tahu, sebagai bulog pihaknya harus tahu ditempat ini apakah butuh tidak tempat penyerapan.

Kalau memang ada permitaan untuk penyerapan kata Vinaldo, maka ia akan lakukan penyerapan, jadi pihaknya akan jemput bola dimana apabila mendengar pontensi panen dan itu memang dibutuhkan dan baik maka dilakukan penyerapan.

“Lalu akan di distribusikan di tiga Kabupaten kota yakni Lubuklinggau, Musirawas, dan Muratara,”kata ia.

Menurut ia potensi produksi itu ada di dua titik Kabupaten Mura dan kota Lubuklinggau, jadi akan lakukan Penyerapan lokal, apabila ada kebutuhan khusus dan memang tidak tercukupi oleh hasil produksi lokal disini, itu boleh meminta stok bulog dari luar.

Ia mengungkapkan, untuk kualitas beras saat ini, Karena secara tim sudah melakukan pengecekan, memang namanya aktivitas hama tidak selalu terpantau oleh personil yang ada di digudang. Namun ia harus meningkatkan efektivitas  pekerjanya.

“Potensi-potensi aktivitas hama dan penyebaran hama tadi harus kita meminimalisir, misalnya kita harus cek lagi dan kontrol,”terusnya.

Jadi dengan adanya kemungkinan atau kelihatan adanya hama, personil gudang akan melaporkan, nanti akan dilakukan fumigasi untuk pemberantasan hama.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top