Connect with us

Besok Sholat Idul Fitri, Jamaah Diminta Berjarak 1 Meter

Foto ilustrasi. Sumber internet.

Lubuklinggau

Besok Sholat Idul Fitri, Jamaah Diminta Berjarak 1 Meter

LUBUKLINGGAU,LK-Besok, Kamis (13/5/2021) pagi Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah, masjid Agung As-Salam Kota Lubuklinggau kota Lubuklinggau sudah menyiapkan sejumlah tata cara pelaksanaan Shalat Id.

Sholat ID sendiri mengedepankan protokol kesehatan (Proses) pun sudah dipersiapkan panitia masjid dan Kementerian Agama (Kemenag) Lubuklinggau.

Sejak pagi para petugas telah mempersiapkan kesiapan Prokes dengan melakukan pengaturan jarak masing-masing jamaah baik di dalam masjid hingga diluar masjid sebagai antisipasi ramai jamaah yang datang.

“Masing-masing jamaah kita atur jarak 1 meter sementara untuk kedepan dengan belakang jaraknya kita atur 3 meter,” ungkap Kakanmenag Kota Lubuklinggau Abdul Haris Putra kepada wartawan Rabu (12/5/2021).

Menurutnya, pengaturan jarak tersebut sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di Kota Lubuklinggau, meskipun saat ini status Kota Lubuklinggau berada pada zona oranye bukan zona merah seperti wilayah Palembang.

“Line shaf yang kita buat ini untuk meluruskan shaf supaya tidak terjadi penumpukan, kalau dalam masjid sudah jelas, karena lurusnya shaf salah satu keutamaan shalat supaya tidak menumpuk,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua 1 Pengurus Masjid Agung As-Salam Kota Lubuklinggau, Lutfi Ishak mengatakan pelaksanaan salat Id selama ini jarak shaf salat biasanya hanya 75 CM, saat pelaksanaan diatur jarak hingga 1 meter perorangan.

“Jadi biasanya kapasitas kita dibagian dalam mampu menampung 4.000 jama’ah nanti paling hanya 1.000 jamaah bagian bawah dan 500 jama’ah lantai dua,” paparnya.

Kemudian, pihak masjid juga menyiapkan thermo gun hand sanitizer dan tempat cuci tangan, nanti petugas akan mengaturnya masuk secara satu persatu bagi yang tidak memakai masker tidak diperbolehkan masuk.

“Setiap jama’ah kita minta untuk membawa masker sendiri dan membawa sajadah sendiri, bagi yang sakit kita minta untuk tidak datang dan shalat di rumah saja,” ungkapnya.(rdw)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top