Connect with us

Bayi Baru Lahir Diwajibkan Daftar BPJS

Lubuklinggau

Bayi Baru Lahir Diwajibkan Daftar BPJS

LUBUKLINGGAU,LK-Dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 82 tahun 2018, bayi baru lahir dari peserta JKN-KIS wajib didaftarkan ke BPJS kesehatan paling lama 28 hari sejak dilahirkan.

“Aturan ini mulai berlaku tiga bulan sejak perpres diundangkan,”kata Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Aida Afrida.

Dilanjutkan ia, jika sudah di daftarkan dan iurannya sudah dibayarkan, maka bayi tersebut berhak memperoleh jaminan pelayanan kesehatan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

“Apabila lewat dan baru di daftarkan setelah lewat 28 hari tetap bisa didaftarkan tapi hitungan iurannya terhitung dari awal hari lahir nya,”jelasnya.

Dilanjutkan ia, khusus untuk bayi yang dilahirkan dari peserta Penerima Bantuan Iuaran (PBI), maka secara otomatis status kepersertaanya mengikuti orang tuanya sebagai peserta PBI.

“Untuk bayi yang dilahirkan bukan dari peserta JKN-KIS, maka diberlakukan ketentuan pendaftaran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) pada umumnya,”ujar Aida.

Diteruskan ia, proses verifikasi pendaftarannya memerlukan 14 hari kalender dan setelah melewatu rentang waktu itu, iurannya baru bisa dibayarkan. Oleh karenannya ia menghimbau kepada orang tua untuk segera mendaftarkan diri dan kelurgannya menjadi peserta JKN-KIS, agar proses pendaftaran dan penjaminan sang bayi lebih praktia.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2018

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top