Connect with us

Bawaslu Linggau, Tunggu PKPU Untuk Tindak Stiker Kampanye di Angkutan Umum

Lubuklinggau

Bawaslu Linggau, Tunggu PKPU Untuk Tindak Stiker Kampanye di Angkutan Umum

LUBUKLINGGAU, LK- Banyak Calon anggota Lesgilatif (Caleg) yang menempel Alat Peraga Kampanye (APK) berupa stiker one way di kaca mobil angkutan umum, namun Badan Pengawas Pemilu Kota Lubuklinggau belum ada mengambil tindakan dengan alasan masih menunggu peraturan KPU Kota Lubuklinggau.

Kordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Pemilu Bahusi mengatakan jika pihaknya masih menunggu peraturan KPU Kota Lubuklinggau, terkait aturan larangan penggunanaan APK seperti stiker one way di kaca mobil angkutan umum.

“Bawaslu masih manunggu aturan KPU, sebab itu kita belum bisa mengambil langkah, karena takutnya nanti apabila kami mengambil langkah, dan belum ada aturan dari KPU, bisa berbalik ke proses hukum,”kata Bahusi saat diwawancari di Kantor, Senin (19/11/2018).

Dijelaskannyan kenapa bisa berbalik ke proses hukum, karena menurutnya bisa saja APK yang dilepas oleh bawaslu, merupakan pengrusakan, sehingga caleg dapat saja menuntut ke proses hukum.

Sebab itu dikatakan Bahusi, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan kordinasi, baik dengan KPU, Dinas Perhubungan, dan petugas Pol PP Kota Lubuklinggau untuk membahas terkait larangan.

“Nantinya apabila hasil dari kordinasi KPU mengeluarkan aturan larangan penggunaan APK stiker one way barulah kita mengambil tindakan,”ujarnya.

Diteruskan Bahusi, pihaknya akan memberikan surat pemberitahuan kepada caleg yang memasang stiker one way di angkutan umum, untuk segera melepaskannya, dan apabila tidak ada tanggapan, pihaknya bersama pihak terkait akan turun langsung untuk melepaskannya.

Seperti dikutip dari media masa, di beberapa daerah Bawaslu melarang peserta pemilu 2019 memasang alat peraga kampanye berupa stiker one way di kaca di angkutan umum.

pemasangan stiker caleg di angkutan umum tidak sesuai dengan peraturan KPU dan bertentagan dengan Undang-undang lalu litas, serta permenhub karena dinilai mengganggu ketertiban umum.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2018

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top