Connect with us

Banyak Koperasi Tidak Sehat di Kota Lubuklinggau

Foto Ilustrasi koperasi. Internet

Lubuklinggau

Banyak Koperasi Tidak Sehat di Kota Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU,LK-Sebanyak 100 koperasi dari total 212 koperasi yang ada di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel) sudah tidak aktif. Sementara dari 112 koperasi yang aktif, 30 koperasi diantaranya dikategorikan sehat.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Lubuklinggau Emra Endi Kusuma saat ditemui wartawan. Senin (13/7/2020).

“Dikatakan koperasi sehat yakni organisasi kepengurusan masih jalan, ada buku tertib administrasi, kegiatan secara bertahap  dan berlangsung rutin,”kata Emra kepada wartawan.

Sementara kata Ia, Untuk koperasi aktif tapi tidak sehat dikategorikan, kegiatannya tetap ada namun tidak rutin, tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Dari 112 koperasi aktif, ia menyampaikan rata-rata jenis koperasi simpan pinjam dan serba usaha. Pihaknya terus melakukan pembinaan kepada koperasi yang tidak sehat ke lapangan agar koperasi tersebut bisa sehat.

“Untuk koperasi yang tidak aktif lagi, saya sarankan jika memang seluruh perangkat, kepengurusan, tempat, usaha tidak ada lagi untuk dibubarkan,”jelasnya.

Menurut Emra, koperasi itu tumbuh dari masyarakat sendiri bagaimana berorganisasi dalam bentuk usaha. Pihaknya tidak ada target untuk itu, namun melakukan pembinaan serta memfasilitasi.

Emra menyebut, kendala koperasi diantaranya kepengurusan tidak aktif dan usahanya tidak berjalan maksimal. Selama pembinaan, pihaknya memang menargetkan untuk sehat, namun ada beberapa yang harus dibubarkan karena persamaan persepsi anggota tidak ada lagi, perangkat pengurus tidak lengkap serta jenis usaha yang tidak ada.

Dalam memperingati hari koperasi nasional ke 73 tepat 12 Juli 2020, Emra juga mengajak koperasi di Kota Lubuklinggau untuk mampu menjawab tantangan jaman serta bertahan untuk ekonomi daerah.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top