Connect with us

Banjir, Rumah Warga di Moneng Sepati Lubuklinggau Rata Dengan Tanah, Lima Rusak Parah

Foto nampak rumah milik Iksan hancur rata dengan tanah akibat diterjang banjir

Lubuklinggau

Banjir, Rumah Warga di Moneng Sepati Lubuklinggau Rata Dengan Tanah, Lima Rusak Parah

LUBUKLINGGAU,LK-Selain merendam 23 rumah warga di RT 02 Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II Kota Lubuklinggau. Luapan air Sungai Kelingi juga merendam dan menghancurkan rumah warga di RT 02 Kelurahan Moneng Sepati, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kota Lubuklinggau.

Seperti rumah milik Iksan (42) warga RT 02 Kelurahan Moneng Sepati ini, rumah dengan ukuran lebar 13 meter dan panjang 6 meter miliknya hancur rata dengan tanah, akibat diterjang banjir.

“Beruntung sebelum banjir menghancurkan rumah saya, isi perabotan rumah sudah dipidahkan ketempat yang lebih tinggi,”kata Iksan kepada wartawan, Rabu (20/5/2020).

Sehingga lanjutnya, akibat kejadian itu ia mengalami kerugian yang ditaksir sekitar Rp 70 juta.

Sementara Nur Buranto Ketua RT 02 Kelurahan Moneng Sepati, mengatakan jika ia mendata ada sembilan rumah diwilayahnya yang terendam banjir.

“Satu rumah rata dengan tanah, lima rusak parah,”kata Nur Buranto.

Rumah-rumah yang rusak dan terendam itu Rumah Iksan, Yanti, Sugi, Rossi, Bani Tarman, Santo, termasuk rumah RT sendiri turut terendam.

Sedangka Camat Lubuklinggau Selatan II Taslimuda mengatakan jika ia Sudah mendata ada sembilan rumah warga yang menjadi korban, salah satunya rumah milik Iksan Hancur dan Yanti.

Dijelaskannya, nanti rumah-rumah yang hancur, akan dibantu pembangunan yakni bedah rumah dari Dinas Perkim.

Selain itu dibawa juga sudah ada bronjong, nanti bronjong yang sudah ada akan dibangun dan ditinggikan lagi agar air tidak mudah masuk.

“Tadi juga warga yang terkena banjir langsung dibagikan sembako,”ungkapnya.

Ia menghimbau agar masyarakat waspada, ketika hujan lebat melanda, warga harus memantau debit air, kalau air tinggi warga sebaikanya berusaha menyematkan barang-barang berharga, anak-anak dan mengevakuasi diri ke tempat yang aman.(rdw)

Baca juga: Banjir di Lubuklinggau Sudah Mulai Surut, 5 Rumah di Gang Kandis Rusak Berat

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top