Connect with us

Awal Tahun Jumlah Sampah Meningkat 20 Persen

Foto ilustrasi/Sumber Internet

Lubuklinggau

Awal Tahun Jumlah Sampah Meningkat 20 Persen

LUBUKLINGGAU,LK-Setelah liburan tahun bari di Kota Lubuklinggau jumlah sampah mengalami peningkatan hingga 20 persen.

Kepala DLH Kota Lubuklinggau Subandio Amin, megatakan perharinya jumlah sampah yang mereka angkut lebih kurang 150 ton. Peningkatan sampah kemarin ini pasca libur tahun baru, meningkatnya tidak signifikan hanya 20 persen. Itupun juga dampak dari musim buah saat ini.

Titik tumpukan sampah yang cukup banyak, di depan Pasar Bukit Sulap (PBS) di Kelurahan Ulak Surung Kecamatan Lubuklinggau Utara II. Hal ini diakui Subandio, karena sampah di jalan protokol sudah dialihkan,dan disiapkan dua kontainer sampah,

SSelain itu tumpakan sampah dikarenakan para pedagang yang mebuang sampah dagangannya.

“Makanya meskipun sudah dua kali pengangkutan dan dua kontainer sampah yang kita siapkan, namun tumpukan sampah masih saja. Bahkan meluber hingga ke jalan,”kata Subandio, Kamis (2/1/2019)

Untuk itu pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Disdagrin, agar permasalahan sampah disana satu manajemen.

Karena ada dua manajemen, DLH untuk sampah dijalan sedangkan pihak Disdagrin untuk sampah yang berasal dari pasar. Kedepan ia sarankan sebaiknya semuanya DLH.

Mulai dari SDM maupun kendaraan operasional. Biar DLH yang ngelola. Kalau sekarang ia tidak bisa bertindak banyak, ketika pedagang menumpukan sampahnya di depan kontainer sampah. Bahkan beberapa petugas mereka, juga membuang sampahnya disana.

Selain itu prilaku masyarakat, juga menyebabkan masih menumpumnya sampah disana. Hal ini juga tidak bisa hindari. Masih saja ada masyarakat yang buang sampah sembarangan.

“Sudah kita siapkan kontainer sampah, buangnya masih diluar kontainer,”ungkapnya.(rdw)

Copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top