Connect with us

Anda Susah Tidur, Jangan Anggap Enteng Bisa Saja Itu Gangguan Jiwa

Foto: ilustrasi gangguan jiwa / sumber internet..

Lubuklinggau

Anda Susah Tidur, Jangan Anggap Enteng Bisa Saja Itu Gangguan Jiwa

LUBUKLINGGAU,LK-Gangguan pada kesehatan mentalnya akibat berbagai persoalan hidup dan kondisi ini beresiko berkembang menjadi penyakit jiwa.

Sakit jiwa adalah gangguan mental yang berdampak kepada mood, pola pikir, hingga tingkah laku secara umum.

Seseorang disebut mengalami sakit jiwa, jika gejala dan tanda gangguan yang dialami membuatnya tertekan dan tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari secara normal.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau Cikwi Faris mengatakan apabila anda dalam kondisi yang susah untuk tidur, jangan dianggap enteng, bisa saja menurutnya ia itu adalah gangguan jiwa.

“Jadi segera kan untuk lakukan konsultasi, baik itu psikiater, psikologi atau salah satunya dokter spesialis jiwa,”kata Cikwi Faris kepada Wartawan, Selasa (5/11/2019).

Dijelasaknnya jika Dinkes mulai hari ini yakni setiap Senin dan Selasa  persoalan-persoalan tentang orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), sudah bisa salurkan dengan hadirnya Doktek spesialis jiwa.

Jadi menurutnya, apabila ada yang berkaitan dengan gangguan jiwa maka bisa di koordinasikan ke Dinkes Kota Lubuklinggau. Sedangkan untuk jumlah pasti berapa banyak ODGJ di Kota Lubuklinggau, untuk data pastinya ia menyarankan agar media menanyakan hal tersebut ke Dinas Sosial.

Cikwis juga mengungkapkan di Kota Lubuklinggau untuk ODGJ ditargetkan minimal bebas pasung, sebab yang namanya gangguan jiwa, untuk bebas dari ODGJ itu tidak mungkin.

“Karena persoalannya gangguan jiwa  itu adalah kompleksitasnya  Nasioanal maupun Internasioal pasti ada persoalan didalam rumah tangga dan kehidupan masyarakat pasti tidak luput yangg namanya masalah,”pungkasnya.

Sementara seperti dilansir di Kompas.com Banyak orang berkata “Mensana in Corporesano” yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Slogan ini bukan mengada-ada tetapi benar adanya karena di dalam tubuh yang terjaga kesehatannya sudah barang tentu mempunyai implikasi ke kondisi mentalnya. Contoh yang paling sering disepelekan adalah masalah tidur. Banyak orang yang paham pentingnya tidur tetapi sering mengabaikan.

Masalah tidur yang kronis atau berkepanjangan bisa menjadi pintu masuk mengalami gangguan kejiwaan salah satunya gangguan cemas. Tidurlah di waktu yang sesuai dan lama tidur yang sesuai. Tidur sebelum jam 12 malam dengan waktu minimal 6.5 jam dan maksimal 9 jam sudah cukup sebagai tips awal yang baik dalam menjaga kesehatan tidur.

Hindari minuman alkohol berlebih. Walau sebagian besar penduduk Indonesia adalah muslim tetapi masalah alkohol tetap menjadi masalah, apalagi di era globalisasi belakangan ini.

Pola hidup modern yang didekatkan dengan minuman keras. Banyak orang yang mulai mencoba minum minuman keras seperti Wine (anggur) dan bir.

Alkohol bersifat depresan atau menekan susunan saraf pusat. Pemakaiannya yang rutin dan lama akan mempengaruhi mekanisme sistem di otak dan menyebabkan masalah kejiwaan.

Olahraga pada banyak penelitian dianggap membuat perubahan bukan hanya di kebugaran fisik tetapi juga di kesehatan mental. Olahraga yang dilakukan dengan senang membuat peningkatan hormon endorfin, suatu hormon bahagia yang diproduksi alami oleh tubuh. Kadar yang tinggi di dalam tubuh membuat orang yang memilikinya menjadi bahagia.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top