Connect with us

Akhirnya, Solar Bakal Dibagi Rata ke Semua SPBU Linggau

Lubuklinggau

Akhirnya, Solar Bakal Dibagi Rata ke Semua SPBU Linggau

LUBUKLINGGAU,LK – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar yang belakangan sulit didapat lantaran hanya dua SPBU yaitu Lubuk Kupang dan SPBU Durian Rampak saja yang disalurkan Solar, kini warga Kota Lubuklinggau dan para sopir dalam kota maupun luar kota bakal tak lagi antrian panjang.

Pasalnya, dalam waktu dekat Pertamina akan mendistribusikan BBM jenis Solar secara merata kepada enam SPBU yang ada di Kota Lubuklinggau.

Kepastian tersebut disampaikan Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono kepada linggauklik.com, Rabu (13/2/2019).

“Kemarin informasi dari hasil rapat di Disperindagkop yang dihadiri dari Pertamina, Pemkot dan Polres bahwa solar akan dibagi rata semua SPBU,”jelas AKBP Dwi Hartono.

Namun, ketika disinggung kapan BBM jenis Solar tersebut didistribusikan ke semua SPBU, dirinya belum bisa memastikannya.

“Nanti langsung tanya ke Pertamina saja ya, untuk kapannya,”pesannya.

Untuk pengawasan dari Kepolisian, lanjut Kapolres, pihaknya akan melakukan patroli di setiap SPBU.

“Kami sudah perintahkan lalu lintas dan Polsek untuk patroli ke SPBU-SPBU,”tegasnya.

Sementara itu, Taufikurrachman selaku Section Head Communications and Relations Pertamina wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) saat dikomfirmasi terkait kapan realisasi Solar ke SPBU belum bisa memberikan keterangan hingga berita ini diterbitkan.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, penjualan BBM jenis Solar untuk wilayah Lubuklinggau, dibatasi hanya dua SPBU yaitu SPBU Kupang dan SPBU Durian Rampak. Ketentuan ini menimbulkan dampak yang tidak sedikit, kekecewaan masyarakat terus terungkap dan mengalir baik di media maupun di media sosial.

Kekecewaan masyarakat atas kelangkaan BBM jenis solar di Kota Lubuklinggau ini dimulai sejak adanya pemberlakuan klusterisasi BBM oleh Pertamina awal Januari lalu. Klusterisasi ini dilakukan karena adanya surat dari Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau kepada General Manager (GM) PT Pertamina (persero) Marketing Operation Region (MOR) II tentang penyediaan premium dan solar di Kota Lubuklinggau.

Dalam surat itu, Pemkot meminta kepada GM Pertamina MOR II untuk memilih hanya dua SPBU di luar jalur protokol/jalur tidak padat kendaraan untuk menjual Premium dan menambah pasokan Premium SPBU yang dipilih itu sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan memperhatikan kouta BBM di Kota Lubuklinggau.

Begitu juga dengan penjualan Solar, Pertamina diminta untuk memilih SPBU dan menambah pasokan Solar di luar jalan protokol.

Pemilihan dua SPBU dan penambahan pasokan BBM itu didasari karena maraknya antrian masyarakat dalam membeli BBM di SPBU. Sehingga antrian masyarakat tersebut menyebabkan terganggunya stabilitas dan kelancaran arus lalu lintas (kemacetan).

Atas surat itu, perwakilan Pertamina MOR II melakukan rapat dengan Pemkot Lubuklinggau dimana hasil dari pertemuan itu, pihak Pertamina menyetujui permintaan Pemkot Lubuklinggau dengan melakukan klusterisasi penyaluran BBM bersubsidi. Pihak Pertamina beralasan, selain memperlancar arus lalulintas, klusterisasi ini juga untuk mempermudah pengawasan.

Sehingga dari rapat itu, ditentukan pembatasan distribusi BBM subsidi kepada enam SPBU di Lubuklinggau. Rinciannya, dua SPBU dibatasi tidak menyediakan BBM bersubsidi (baik premium maupun solar) yaitu SPBU Lubuk Tanjung dan SPBU Marga Mulya. Dua SPBU yaitu SPBU Siring Agung dan SPBU Wijaya (Megang) dibatasi tidak menjual solar hanya menjual premium bersubsidi saja. Sementara SPBU Lubuk Kupang dan SPBU Durian Rampak boleh menjual solar.

Andi (34) warga Sidorejo yang sebelumnya kecewa, mendengar kabar ini mengaku gembira. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membuat keputusan ini.

“Alhamdulillah, saya sangat senang mendengar kabar ini. Artinya, solar akan ada di setiap SPBU. Jadi kami tidak perlu antri panjang lagi di Kupang atau di dian rampak ( SPBU Durian Rampak-red). Terima kasih Pemerintah, terima kasih pak Polisi,” ungkap Andi.

Penulis : Reki Alpiko-
Copyright@linggauklik.com 2019

3 Comments

3 Comments

  1. Redaksi

    13 Februari 2019 at 15:39

    🤭

  2. pemoeda_linggo

    13 Februari 2019 at 16:07

    saya yes

    • bujang juaro

      13 Februari 2019 at 16:12

      aku juga yess

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top