Connect with us

23 Desember TKD Ke-III Karang Taruna Kota Lubuklinggau, Berikut Tahapannya

Foto Almedy Sastra Dikrama Ketua Karang Taruna Daerah 2015-2020 (Kiri) dan Foto M. Lian Suardi Ketua Panitia Pelaksana TKD ke III Karang Taruna Kota Lubuklinggau (Kanan)

Lubuklinggau

23 Desember TKD Ke-III Karang Taruna Kota Lubuklinggau, Berikut Tahapannya

LUBUKLINGGAU,LK-Karang Taruna Kota Lubuklinggau akan menggelar Temu Karya Daerah (TKD) ke-III beberapa waktu lagi. Hajatan lima tahunan Karang Taruna Kota Lubuklinggau, yang juga sebagai ajang mencari nahkoda periode baru Karang Taruna Kota Lubuklinggau ini direncanakan akan di gelar pada 23 Desember 2020 di Ruang Asoka, Lantai Tiga, Hotel Smart Lubuklinggau.

Namun untuk segenap insan Karang Taruna yang berminat mencalonkan diri menjadi Ketua Karang Taruna Lubuklinggau Periode 2020-2025 sudah bisa mengambil formulir mulai Hari Senin (14/12/2020) di Sekretariat Karang Taruna Kota Lubuklinggau, Jl. Lintas Sumatera, Kelurahan Jogoboyo, Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Ketua Panitia TKD Ke-III Karang Taruna Kota Lubuklinggau, M. Lian Suriadi, menerangkan, jika pembukaan pendaftaran akan dilangsungkan selama tiga hari.

“Pendaftaran akan dibuka selama tiga hari mulai dari hari senin (14/12) sampai dengan hari Rabu (16/12). Sekretariat akan dibuka mulai Pukul 10.00 WIB sampai Pukul 16.00 WIB. Hari Kamis (17/12) sampai Selasa (22/12) akan dilaksanakan verifikasi faktual berkas calon ketua oleh Panitia dan Karang Taruna Provinsi, kemudian pada Tanggal 23 akan kita laksanakan TKD” terang Lian.

Ia juga menjelaskan apabila ada hal-hal yang kurang jelas agar dapat langsung menghubungi panitia di sekretariat.

“Kami harapkan kepada rekan-rekan apabila ada yang kurang jelas untuk dapat langsung menghubungi panitia kerja, jangan membuat terkaan bebas yang malah akan membingungkan rekan-rekan lainnya. Kami siap melayani sampai rekan-rekan mendapatkan informasi yang benar,” sambung Lian.

Selain itu, Lian menegaskan bahwa TKD Ke-III Karang Taruna Kota Lubuklinggau ini akan berbeda dari TKD sebelumnya.

“Karena saat ini kita masih dihadang oleh wabah Covid 19, kami dengan sangat terpaksa membuat tata cara pencegahan yang tentu akan membuat perbedaan dari TKD yang sebelumnya, seperti wajib menggunakan masker dan menjaga jarak” terang Lian.

“Namun, meski masih dalam masa pandemi kami berharap tidak mengurangi esensi TKD itu sendiri dalam menghasilkan pemimpin yang kredibel dan bertanggung jawab,” Pungkas Lian.

Ketua Karang Taruna Kota Lubuklinggau Periode 2015-2020, Almeidy Sastra Dikrama, juga memiliki harapan yang sama, agar TKD Ke-III Karang Taruna Kota Lubuklinggau dapat menghasilkan pemimpin yang bertanggung jawab dan berintegritas, serta tetap kondusif.

“Tentu kami berharap TKD ke-III ini dapat berjalan kondusif, meski ada perbedaan pendapat kami harapkan jangan sampai menjadi perpecahan. Karena tujuan kita sama, yaitu menghasilkan pemimpin yang visioner, serta mampu membangun citra pemuda agar diakui, bahwa pemuda bisa menjadi pemimpin yang berintegritas dan bertanggung jawab,” ujar pria yang akrab disapa Midun itu.

Lanjut Midun, Ia pun berharap agar ajang besar lima tahunan ini dijadikan sebagai proses berpikir yang matang dari anak-anak muda.

“Jangan justru malah menebar hoaks dan asumsi-asumsi liar yang belum nyata kebenarannya. Apabila ada pihak-pihak yang kurang jelas terkait TKD nanti, akan sangat bijak apabila langsung mengkonfirmasi kepada panitia kerja. Mudah-mudahan akan menjawab semua pertanyaan kita, dan kegiatan akan berlangsung sebagaimana mestinya sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan,” sambung Midun.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Selatan, Yudha Novanza Utama, melalui Pengurus Fungsional Karang Taruna Provinsi Sumatera Selatan, Kms Umar, menghimbau kepada seluruh kader Karang Taruna untuk menjaga kondusifitas dan mematuhi AD-ART Organisasi.

“Kami berharap agar TKD ke-III Karang Taruna Kota Lubuklinggau ini dapat berjalan lancar tanpa ada kendala suatu apapun. Kamipun menghimbau kepada semua kader untuk mengikuti prosedur yang ada. Baik AD-ART, Tatib organisasi ataupun peraturan panitia TKD nantinya,” ujar Dede saat dihubungi via ponsel.

Dirinya pun berharap, di TKD Karang Taruna Kota Lubuklinggau mendatang, dapat menghasilkan sosok pemuda yang kreatif, inovatif, dan bertanggungjawab.

“Maka dari itu, TKD ini menjadi ajang bagi Karang Taruna untuk mencari sosok pemimpin yang terbaik. Siapapun bisa berpartisipasi, asalkan mengikuti prosedur yang ada, dan memenuhi syarat sebagai calon Ketua, baik syarat Formiil maupun Materiil,” pungkasnya.

Sementara dari info yang didapat melalui panitia pelaksana TKD Ke-III Karang Taruna Kota Lubuklinggau, berikut jadwal dan Persyaratan untuk dapat mengajukan diri menjadi calon Ketua Karang Taruna Kota Lubuklinggau:

Jadwal :

Pengambilan formulir serta pelengkapan pemberkasan pendaftaran calon ketua : 14 – 16 Desember 2020.

Verifikasi berkas oleh Panitia dan Tim dari KT Provinsi Sumsel : 17 – 21 Desember 2020.

Temu Karya Daerah ke-III Karang Taruna Kota Lubuklinggau : 23 Desember 2020.

Syarat dan Ketentuan Calon Ketua Karang Taruna Kota Lubuklinggau.

1. Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa

2. Setia dan Taat Sepenuhnya Kepada Pancasila dan UUD 1945

3. Memiliki Pengalaman dan aktif dalam kegiatan Karang Taruna

4. Memiliki pengetahuan, kemampuan berorganisasi, dan kemauan serta pengabdian dalam bidang kesejahteraan sosial.

5. Pernah atau sedang menjabat sebagai pengurus Karang Taruna baik tingkat Kota maupun tingkat kecamatan minimal 5 tahun dibuktikan dengan menunjukkan SK Kepengurusan.

6. Berumur maksimal 45 tahun saat mendaftarkan diri sebagai calon. Dibuktikan dengan foto copy KTP.

7. Mendapatkan rekomendasi/dukungan 3 (tiga) Karang Taruna Kecamatan.

8. Surat dukungan ditandatangani oleh Ketua dan sekretaris (Tanda tangan basah dan cap basah) serta melampirkan SK Karang Taruna Kecamatan yang masih aktif.

9. Surat dukungan dari karang taruna kecamatan berlaku hanya untuk satu nama bakal calon ketua, apabila surat dukungan lebih dari satu nama calon ketua, maka surat dukungan dinyatakan tidak sah/batal.

10. Surat keterangan sehat dan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Umum atau BNN.(rls/rdw)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top