Connect with us

175 HP Milik Napi Lapas Kelas II A Lubuklinggau Dibakar

Lubuklinggau

175 HP Milik Napi Lapas Kelas II A Lubuklinggau Dibakar

LUBUKLINGGAU,LK-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Kota Lubuklinggau, memunaskan 175 unit Handphone berbagai  merek, dari hasil sitaan para narapidana (Napi) di dalam lapas selama razia yang berlangsung selama lima bulan.

Kalapas Lubuklinggau Imam Purwanto mengatakan  Lapas Lubuklinggau Klas II A siap mensukseskan “Musi Bergerak” kegiatan  apel siaga aktualisasi tertib pemasyarakatan secara serentak se Sumsel termasuk di Lapas Lubuklinggau.

“Usai upacara dilaksanakan pemusnahan hasil barang sitaan razia selama 5 bulan berupa 175 unit Hp, 258 unit kabel charger Hp, 95 unit power bank, 197 heat seat dan 23 unit terminal kabel,”kata Kalapas Imam, Senin (17/12/2018).

Dilanjutkan Kalapas jumlah warga binaan Lapas Sumsel sebanyak 3.602 orang, sedangkan kapasitas hunian hanya 6476 orang, artinya, over kapasitas sebanyak 210 persen  dan akhir-akhir ini lapas atau rutan menjadi sorotan publik karena dianggap rendahnya petugas kemasyarakatan.

“Indikatornya beberapa permasalahan antara lain peredaran gelap narkoba, keterlibatan petugas pemasyarakatan, percobaan pelarian WBP. Lalu dugaan pungli, larangan penggunaan alat komunikasi hp dan tindakan kekerasan pada warga binaan,”ujarnya

Untuk membangun kembali citra pemasyarakatan di wilayah sumsel dikatakan ia, maka kakanwil  mencanangkan operasi dengan sandi “Musi Bergerak” untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban serta penyimpangan dalam melaksanakan tugas oleh petugas kemasyarakatan.

Sebagai institusi penegak hukum wajib melakukan pembenahan melalui upaya nyata dengan melakukan pemberantasan narkoba, pungli, penggunaan HP dan tindakan kekerasan lainnya. Pembenahan ini dilakukan dalam upaya membangun intregritas, melalui apel ini juga.

“Saya mengajak seluruh jajaran petugas pemasyarakatan berbenah diri serta menyatukan tekad bulat dalam pemberantasan peredaran gelap narkoba dan pungli. Kita terus beruapaya melakukan perbaikan dan meningkatkan kreatifitas serta menghindari perbuatan yang akan mencemarkan nama baik institusi kita semua,”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2018

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top