Connect with us

Spesialis Gembos Ban, Rampas Uang Bank Ratusan Juta, Dua Tersangka Berakhir di Jeruji Besi

Kriminal

Spesialis Gembos Ban, Rampas Uang Bank Ratusan Juta, Dua Tersangka Berakhir di Jeruji Besi

 

*Satu Tersangka Jadi DPO Polisi
*Sebulan, 13 Tersangka Ditangkap, Enam LP Perkara 363 dan 365 Berhasil Diungkap

MUSI RAWAS LK-Dua spesialis curat modus gembos ban kendaraan berhasil dibekuk, “Tim Landak”, Satreskrim Polres Mura, yang sebelumnya berhasil membawa kabur uang Rp 100 Juta milik nasabah Bank, Minggu (1/8/2021).

Diketahui dua tersangka tersebut berinisial, IP alias Pur (33), warga Desa Babat, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Mura, dan ST alias Nok (41) warga Desa Pengambang Kecamatan Sindang Beliti, Kabupaten Rejang Lebong.

Sedangkan, satu rekannya berinisial, H, masih dalam pengejaran petugas dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Mura.

Aksi kejahatan yang dilakukan tersangka terjadi 17 Maret 2021 lalu di Kecamatan Megangsakti, terhadap korban Rakidi (57) warga Desa Tegal Sari, Kecamatan Megang Sakti, Kabupaten Mura.

Selain itu, petugas juga berhasil mengungkap 11 perkara dan meringkus 13 tersangka secara keseluruhan meliputi perkara curat (363) dan curas (365), selama lebih kurang satu bulan ini.

Hal tersebut terungkap setelah, Kapolres Mura, AKBP Efrannedy didampingi Wakapolres, Kompol Ali Sadikin dan Kasat Reskrim, AKP Alex Andriyan saat menggelar press release dihalaman Mapolres Mura, sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (4/8/2021).

“Iya, hari ini kita menggelar press release, perkara 363 dan 365, salah satunya perkara modus gembos ban dan mencuri uang senilai Rp 100 Juta,” kata AKBP Efrannedy didampingi Ali Sadikin dan Alex Andriyan.

Kapolres menjelaskan, pengungkapan perkara ini terhitung selama satu bulan dan ada enam laporan polisi diantaranya, lima perkara curat 363 dan satu perkara curas 365 begal.

“Enam LP tersebut yakni, ada dua TKP di Megang Sakti, dua TKP di STL Ulu Terawas, satu TKP di Muara Lakitan dan satu TKP di BTS Ulu,” ucap perwira berpangkat melati dua ini.

Lebih lanjut, kapolres menjelaskan, khusus perkara pencurian uang nasabah Bank, dalam menjalankan aksinya, komplotan ini menggunakan modus gembos ban.

Aksi yang dilakukan terhadap nasabah bank di Kecamatan Megang Sakti, komplotan ini berhasil menggasak uang korban senilai Rp 100 juta.

Saat menjalankan aksinya, komplotan ini terlebih dahulu melakukan mapping terkait rencana aksi dan pembagian tugas.

Khusus aksi terhadap Rakidi nasabah Bank di Kecamatan Megang Sakti, komplotan ini berbagi tugas diantaranya satu orang bertugas membuntuti korban dan ikut masuk bank, satu orang di luar memberikan kode, dan satu orang lagi bertugas sebagai eksekutor.

“Ketika korban turun dari mobil untuk memperbaiki ban mobil yang digembos pelaku, salah seorang pelaku lainnya langsung membuka pintu tengah mobil dan mengambil tas berisikan uang sebesar Rp 100 juta,” kata pria berseragam coklat ini.

Kembali, kapolres memaparkan, setelah adanya LP dari korban, Tim Landak Reskrim Polres Mura, langsung melakukan penyelidikan, dan berkat kerja keras secara tegas dan terukur Tim Landak, kasus ini dapat terungkap dan pelakunya berhasil ditangkap.

“Dari hasil pengembangan, terungkap juga bahwa keduanya terlibat curat terhadap nasabah bank di Purwodadi. Kemudian petugas juga meringkus pencurian kayu milik salah satu perusahaan dengan total kerugian senilai Rp 30 Juta,” papar suami Ny Novi Efran ini.

Sementara Itu, Kasat Reskrim, AKP Alex Ardian menambahkan, selain mengamankan dua tersangka gembos ban, anggota juga mengamankan tersangka lainnya beserta BB diantaranya, dua unit sepeda motor, beberapa tas, pakian, dompet, Handphone (Hp), mesin pemotong pohon (singso), senjata tajam (Sajam), dua KTP dan satu kunci T milik pelaku.

“Kita berpatokan tidak ada kejahatan yang tidak meninggalkan jejak.Untuk pelaku lainnya akan terus kami kejar,” katanya.

AKP Alex menambahkan, selain perkara gembos ban pencurian uang nasabah Bank dan pencurian kayu perusahaan.

Anggota juga berhasil mengungkap perkara pencurian di Desa Pelawe, Kecamatan BTS Ulu, dengan satu tersangka, lalu perkara pencurian di Desa Kosgoro, Kecamatan STL Ulu Terawas, satu tersangka.

“Dan, terakhir, berhasil meringkus buronan kasus curat yang terjadi di Desa Bamasco, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Mura,” tutup AKP Alex.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Kriminal

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top