Connect with us

Si Jago Merah Hanguskan 0,5 Hektar Lahan

Kriminal

Si Jago Merah Hanguskan 0,5 Hektar Lahan

MUSI RAWAS LK– 0,5 Hektar (Ha) lahan berupa semak belukar di Desa G2 Dwijaya, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas (Mura) terbakar, Sabtu (31/7/2021) Sekitar Pukul 14.19 Wib. Dimana, untuk sumber api belum diketahui secara pasti.

“Sabtu (31/7/2021) kemarin ada lahan milik warga yang terbakar di Desa Dwijaya Kecamatan Tugumulyo. Lahan itu berupa semak belukar,”kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Mura, H Darsan didampingi Kasi Logistik dan Kedaruratan, Eko Sepriwan, Senin (2/8/2021).

Dikatakannya, kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Tugumulyo tersebut, diketahuinya berdasarkan informasi dari dari grup di media sosial (Medsos).

“Setelah mengetahui informasi bahwa terjadi kebakaran lahan di Desa Dwijaya, Tim Satuan Tugas Karhutla datang ke lokasi langsung melaksanakan pemadaman, agar api tidak menyebar secara luas. Alhamdulillah api berhasil dipadamkan,”terangnya.

Menurut ia, adapun rincian tipe lahan yang terbakar, yakni tipe lahan mineral, dan tipe kebakaran hanya permukaan saja. Sedangkan topografi yakni datar denga vegetasi berupa semak belukar.

“Untuk luasan lahan yang terbakar yakni 0,5 Ha dan yang dipadamkan 0,25 Ha,” ucapnya.

Ditambahkannya, dalam pemadaman api tersebut, BPBD menerjunka satu unit mobil tanki air, satu unit mesin portable, dan dibantu oleh satu unit mobil Satpol PP-Damkar dan satu unit mobil pemadam milik Polres Mura.

“Sedangkan untuk Tim Satgas yang terlibat dalam pemadamanyakni BPBD Mura, Polres dan Satpol PP-Damkar Kabupaten Mura,” ungkapnya.

Terlepas dari itu, mengingat kondisi cuaca yang saat ini mulai panas maka dihimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar, dan tidak membuang putung rokok sembarangan di lahan kering. Sebab, hal itu berpotensi terjadinya Karhutla.(Rls/Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Kriminal

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top