Connect with us

Petugas Lapas Gagalkan Penyeludupan Sabu

Kriminal

Petugas Lapas Gagalkan Penyeludupan Sabu

*Tersangka Bawa Barang Diperintah Suami 

MUSI RAWAS LK-Linda Asmara (34), seorang Ibu Rumah Tangga (IRT), terpaksa ditahan di Mapolres Mura, sekitar pukul 15.00 WIB, Senin (12/10/2020).

Tersangka asal warga Jalan Amula Rahayu RT 08, Kelurahan Marga Rahayu, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, diringkus diduga kedapatan dan menyimpan narkotika jenis sabu saat akan membesuk napi didalam Lembaga Permasyarakatan Narkotika Kelas II A Muara Beliti.

Dari tangan tersangka, petugas menyita Barang Bukti (BB), narkotika jenis sabu seberat 2,95 gram, yang ditemukan didalam plastik putih bermerek salah satu toserba.

Kepala Lapas Narkotika Kelas II A Muara Beliti, Rudik Erminanto melalui KPLP Narkotika, Roby Fernandes saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (13/10/2020).

“Ya, kemarin, petugas kita telah mengamankan sekaligus mengagalkan penyeludupan narkotika jenis sabu,” kata Roby Fernandes.

Roby sapaanya menjelaskan, kejadian tersebut terjadi bermula saat tersangka akan membesuk napi yang ada di dalam Lapas Narkotika Kelas II A Muara Beliti.

Saat akan digeledah barang bawaan oleh petugas, ditemukan dua bungkus plastik transparan yang berisikan kristal putih diduga narkotika jenis sabu dengan seberat 2,95 gram.

Selanjutnya tersangka berikut BB diamankan dan digelandang ke Mapolres Mura untuk dilakukan proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

“Kalau keterangan yang bersangkutan, memang disuruh suaminya membawa barang tersebut,” jelas Roby sapaanya.

Lebih lanjut, Roby menjelaskan, memang tersangka berniat untuk membesuk suaminya bernama Mirwan, dimana yang bersangkutan menjalani hukuman 10 tahun 6 Bulan, namun telah menjalani hukuman lima tahun.

Namun ternyata ada kejadian ini, tentunya akibat kejadian ini langka awal dilakukan penindakan yakni sel isolasi terhadap Mirwan, dan sanksi selanjutnya disesuaikan dengan aturan.

“Sementara, Mirwan akan ditepatkan sel isolasi, sekitar 18 hari, hingga sanksi susulan sesuai dengan kesalahannya,” ucap pria yang baru menjabat satu bulan KPLP Lapas Narkotika Kelas II A Muara Beliti.

Kembali ia menjelaskan, dengan adanya hal ini kedepannya akan melakukan antisifasi sesuai arahan, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, terkait tiga point pertama peningkatan keamanan, pemberantasan narkotika serta sinergiritas antara penegak hukum.

Selain itu, sesuai dengan intruksi pimpinan harus mencegah peredaran narkotika, sekaligus selalu diingatkan setiap apel serta perketat penjagaan pos guna mencegah barang terlarang khususnya narkoba.

“Sesuai, perintah dirjen dan kalapas, tetap selalu untuk wanti-wanti penyalagunaan narkoba, jadi kami melaksanakan yang diamanatkan, salah satunya digagalkannya penyeludupan narkoba ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Mura, AKBP Efrannedy melalui Kasat Narkoba, AKP Haerudin saat dikonfirmasi membenarkan, adanya penangkapan penyalagunaan narkoba, saat ini tersangka sudah ditahan dipolres.

“Ya, benar kami meringkus, tersangka Linda karena kedapatan menyimpan narkoba jenis sabu saat akan membesuk napi dilapas,” kata Haerudin.

AKP Haerudin menjelaskan, selain tersangka, anggota juga menyita BB diantaranya, dua bungkus plastik klip sedang berisikan kristal putih yang di duga narkotika jenis sabu seberat 2,95 Gram.

Selain itu, juga menyita satu unit sepeda motor jenis Yamaha N-Max berwarna Merah dengan Nopol BG 4321 GAD, satu bungkus plastik putih merk indo maret dan dua unit Handphone (Hp).

“Baik tersangka dan BB masih kami lakukan pendalaman perkara,” tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Kriminal

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top