Connect with us

Penyelundupan Sabu 1 Kg ke Lubuklinggau dan Babat Toman, Dikendalikan Napi Lapas Narkotika

Foto pelaku dan barang bukti saat diamankan di Mapolres Lubuklinggau

Kriminal

Penyelundupan Sabu 1 Kg ke Lubuklinggau dan Babat Toman, Dikendalikan Napi Lapas Narkotika

LUBUKLINGGAU,LK-Perendaran Narkoba sabu 1 kilogram yang digagalkan Polisi,  diungkap petugas Sat Res Narkoba Polres Lubuklinggau, ternyata dikendalikan dan di perantarai oleh salah seorang narapidana di Lapas Narkotika.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Mustopa yang didampingi Kasat Narkoba Iptu Sopian Hadi mengatakan, awalnya pihaknya menangkap empat pelaku yang akan melakukan transaksi didekat daerah Perbatasan Lubuklinggau – Curup.

“Barang ini yang dikendalikan satu pelaku Tahanan Lapas Narkotika, dan keempat pelaku ini sebagai kaki, namun mereka juga sebagai bandar besar narkoba,”kata Kapolres Lubuklinggau AKBP Mustofa saat riliesnya, Kamis (25/6/2020).

Mereka ini, kata Kapolres mendapatkan narkoba melalui perantara tahanan Lapas.

Para pelaku membeli narkoba tersebut untuk diedarkan di Lubuklinggau dan Babat Toman.

“Pelaku membeli narkoba tersebut patungan, mereka bermupakat, masing-masing 20 juta,”ujarnya.

Akibat perbuatannya keempat pelaku ini diancam tindak pidana dalam pasal 112 Ayat 2 dan 114 ayat 4 undang-undang narkotika nomor 35 tahun 2009 tentang narkoti, dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati.

Polisi menangkap empat orang yang diduga bandar sabu. ke empatnya ditangkap saat mencoba menyelundupkan sabu seberat 1 kilogram sabu dalam kemasan teh China.

Ke-empatnya yakni Waluyo alias Ayot (34), Nikmansyah (34), Ariansyah (28) warga Jalan Gotong Royong Lingkungan 4, Kelurahan Babat, Kecamatan Babat Toman Kabupaten Muba Provinsi Sumater Selatan (Sumsel)

Dan Heri Purwandi alias Heri (29) warga Jalan Supra Huda Kelurahan Marga Rahayu, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kota Lubuklinggau. Mereka ditangkap di Jalan Garuda Kelurahan Watas Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Selasa (23/6/2020) sekitar pukul 16.00 WIB.

“Kita mendapat informasi masyarakat bahwa para pelaku ada membawa narkotika jenis sabu dari daerah Kepala Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu,”kata Kapolres Lubuklinggau AKBP Mustofa didampingi Kasat Narkoba Iptu Sopian Hadi, Kamis (25/6/2020).

Mereka ini, akan membawa sabu untuk diedarkan di Kota Lubuklinggau, dan Daerah Babat Toman, mendapat informasi tersebut Sat Res Narkoba dibawah pimpinan Kasat mengatur strategi untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku tersebut

Sekira pukuk 15.00 WIB personelnya melakukan pencegatan terhadap para pelaku di daerah Perbatasan Lubuklinggau – Curup. Dan didapat mobil Kijang Innova warna silver dengan nomor Polisi BG 1530 P.

“Setelah digeledah didalam mobil petugas tidak menemukan barang bukti, namun petugas telah mengamankan tiga orang dari dalam mobil”kata Kapolres.

Namun berkat kesigapan petugas, barang bukti narkoba berhasil ditemukan dari sepeda motor yang beriringan dengan mobil kijang Innova.

Kemudian dilakukan pencegatan terhadap sepeda motor Supra tanpa nopol pelaku Waluyo yang dibonceng temannya, mencoba memutar arah ke Curup dan dilakukan pengejaran.

“Pelaku waluyu melompat dari sepeda motor dan membuang sebuah bungkusan plastik ke pinggir jalan, setelah itu lari masuk ke semak-semak dan namun berhasil ditangkap,”jelasnya.

Setelah ditangkap pelaku Waluyo diperintahkan untuk mengambil kembali bungkusan tersebut dan dibuka bungkusan tersebut berisikan kristal yang diduga Sabu.

Sedangkan tamannya yang mengemudikan sepeda motor berhasil melarikan diri ke arah Curup.

Para tersangka setelah dilakukan interograsi mengakui bahwa narkotika tersebut didapat dari  seseorang  didaerah Kepala Curup yang sebelumnya telah berhubungan  melalui telpon dengan pelaku Nikmansyah Alias Man.

“Mereka memang sudah janjian transaksi di Pinggir Jalan daerah Kepala Curup,”tutupnya.

Pelaku kemudian berikut barang bukti sabu sebarat 1.040 gram dan Mobil Kijang Innova diamankan ke Mapolres Lubuklinggau guna proses lebih lanjut.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Kriminal

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top